Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing

Authors

  • Meri Herlina Pendidikan Geografi Universitas Lampung
  • Sugeng Widodo Pendidikan Geografi Universitas Lampung
  • Renal Tardiyansah Pendidikan Geografi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30872/geoedusains.v5i2.4885

Keywords:

Snowball Throwing, Minat Belajar, SMPN 6 Bandar Lampung

Abstract

Pendidikan artinya proses untuk mengembangkan potensi menjadi eksklusif yg bisa berkontribusi bagi masyarakat . Penelitian ini memiliki tujuan primer untuk melihat korelasi antara contoh pembelajaran Snowball Throwing dengan minat belajar siswa di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPN 6 Bandar Lampung. Metode penelitian ini ialah naratif kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa uji statistik, yaitu uji F, uji t, uji N-gain, serta uji korelasi Pearson Product moment. sesuai hasil yang ditemukan bahwa ada keterkaitan antara penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien hubungan sebanyak 0,619 (relatif kuat) serta nilai signifikansinya 0,021 lebih kecil asal 0,05, yg berarti korelasi tersebut signifikan secara statistik. Jadi kesimpulannya ialah ada korelasi yg konkret antara model pembelajaran serta minat belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian tindakan kelas. Bumi aksara, 136(2), 2-3

Aulia, R., & Wandini, R. R. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4034-4040.

Cisilia Maiyori, S. H., Utama, M. D. C. A. S., & SH, M. (2021). DIGITALISASI PRODUK BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH DI INDONESIA. Sistem Keuangan Era Digital, 25.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.

Kendall, J. M. (1970). The turbulent boundary layer over a wall with progressive surface waves. Journal of Fluid Mechanics, 41(2), 259-281.

Pamungkas, E. W. T., Herlambang, S., & Juarti, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Geografi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 21(2), 4.

Pramita, A. R., Nugraheni, A., Sagita, R., & Aprilyana, D. (2024). Permasalahan Dalam Pembelajaran Kurangnya Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(3), 1056-1060.

Sukmawati, A. S., Sabur, F., Nur, M., Darmawan, A. R., Mahbub, K., Irmawati, I., ... & Aziz, A. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Zaedun, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 2 Labuapi. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 78-84.

Downloads

Published

2025-12-02 — Updated on 2025-12-02

Versions

Issue

Section

Articles