Pemetaan Titik Rawan Kemacetan Lalu Lintas di Kota Kupang Menggunakan Analisis SIG Berbasis Skoring dan Overlay
DOI:
https://doi.org/10.30872/geoedusains.v6i1.3985Keywords:
kemacetan, sistem informasi geografis, pemetaanAbstract
Pertumbuhan penduduk yang tinggi di daerah perkotaan diikuti dengan peningkatan mobilitas yang semakin tinggi menyebabkan adanya peningkatan kebutuhan alat transportasi sehingga menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas salah satunya di Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan lokasi rawan kemacetan di Kota Kupang dengan menggunakan teknologi SIG. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data primer melalui survei lapangan dan data sekunder dari instansi terkait. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis skoring dan overlay menggunakan perangkat lunak ArcGIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam titik utama yang rawan terjadi kemacetan lalu lintas di Kota Kupang antara lain: Jalan Muhammad Hatta, depan RSUD Prof. W. Z. Yohanes; Jalan Jenderal Sudirman, depan Toko Sinar Bangunan; Jalan Jenderal Suharto, pertigaan Oepura; Jalan Jenderal Suharto, depan pasar Inpres; Jalan Ahmad Yani, depan Kampus Unika; Jalan Piet A. Tallo, Jembatan Liliba.. Tingkat kerawanan macet yang paling tinggi terjadi pada ruas Jalan Piet A. Tallo, Jembatan Liliba. Volume lalu lintas tertinggi terjadi pada sore hari jam 18:00- 19:00 dengan nilai volume lalu lintas 3.321 skr/jam. Berdasarkan analisis spasial, faktor penyebab utama terjadi kemacetan adalah volume kendaraan yang tinggi dan manajemen lalu lintas yang kurang optimal. Penggunaan SIG terbukti efektif dalam mengidentifikasi dan menyajikan informasi spasial lokasi rawan kemacetan secara visual dan analitis.
Downloads
References
Ajayi, O. G., Oluwunmi, A. T., Odumosu, J. O., & Adewale, T. J. (2017). Mapping and Assessment of Traffic Congestion on Major Roads in Minna (Case Study of Chanchaga L.G.a). Geoplanning: Journal of Geomatics and Planning, 4(2), 171.
Bolla, M. E., Yappy, R. A., & Sir, T. M. W. (2017). Biaya Kemacetan Ruas Jalan Kota Kupang Ditinjau dari Segi Biaya Operasional Kendaraan. Jurnal Teknik Sipil, 6(1), 61–74.
Danto Restyawan: Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan/Kemenhub). (2022, December). Permasalahan Kemacetan Lalu Lintas Juga Terjadi Di Kota Kecil.
Halim, R., IMahendra, M. I., Alfandi, F., & Eropa, V. Y. (2023). Upaya Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas Di Sepanjang Jalan Adinegoro Kota Padang. Jurnal Transportasi, 23(1), 45– 52.
Kawulur, D. O. M., Naukoko, A. T., & Maramis, M. T. B. (2020). Analisis Dampak Kemacetan Terhadap Ekonomi Pengguna Jalan, Depan Tugu Taman Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(01), 83–93.
Luthfiansyah, M., & Setu, J. R. (2019). Kinerja jalan Standar Level of Service Tingkat pelayanan atau Level Of Service ( LOS ), berdasarkan PM 96 Tahun 2015
Mahardika, M. R. A. (2016). Pemodelan Spasial Tingkat Kerawanan Kemacetan Lalu Spatial Modeling Of Traffic Jam Susceptibility Level On
Secondary. JUrnal Geo Educasia, Vol. 01 No(1), 1–7.
PKJI. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Perkotaan. Kementrian Pekerjaan Umum, 1–63.
Ruswanda, R. F. (2018). Pemetaan Titik Kemacetan Lalu Litas Menggunakan Sistem Informasi Geografi Pada Tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 2018, 1–16.
Wulakada, H. H., & Mari, N. A. H. N. (2021). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (Tpss) Menggunakan Metode Promethe Di Kotakupang Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Nusa Cendana. Latar Belakang Dinamika pertambahan penduduk perkotaan tidak ha. Jurnal Geografi, 17, 31–4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Ayu Wintari Pusparini, Bella T. T. Pamungkas, Muhammad Husain Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





