This is an outdated version published on 2025-12-02. Read the most recent version.

Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Pontianak

Authors

  • Maria Mega Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Nuraini Asriati Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Nur Meily Adlika Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.30872/geoedusains.v5i2.3765

Keywords:

Media Video, Media Powerpoint, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas pembelajaran menggunakan media video terhadap hasil belajar kognitif pada siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Pontianak. Desain digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan jenis Non-equivalent Control Group Design. Kelas XI D dipilih sebagai kelas eksperimen, sementara kelas XI E menjadi kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t-tidak berpasangan untuk menguji perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol. Sebelumnya, dilakukan pemeriksaan normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian, nilai siswa yang menggunakan video sebagai media pembelajaran adalah 64,77, sedangkan yang menggunakan powerpoint adalah 58,60. Dengan menggunakan uji t, nilai thitung (2,099) melebihi nilai ttabel (1,997), menunjukkan bahwa penggunaan video berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Ukuran efeknya sebesar 0,5821, menunjukkan pengaruh yang sedang.

 

Kata kunci: Media Video, Media Powerpoint, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artam, M., & Sinambela, M. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Audio-Visual Dengan PowerPoint Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4), 110-111.
Damanik, M.R., & Nurman, A. (2016). Penggunaan Blog Pada Mata Kuliah Sistem Informasi Geografi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Jurnal Geografi. 8(1). Diunduh di https://garuda.kemdikbud.go.id/.
Darini, I. A., & Mursid, R. (2023). EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS). Jurnal TIK dalam Pendidikan, 10(1).
Fitratunisyah, F., Muhlis, M., Khairuddin, K., & Ramdani, A. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Video dan Media PowerPoint dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1654-1663. Diunduh di https://jipp.unram.ac.id
Hanannika, L.K., & Sukartono, S (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379-6386. Diunduh di https://jbasic.org.
Setiyawan, H. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 198-203. Diunduh di https://jurnal.umk.ac.id.
Suci, M. P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’arif Sarolangun. El- Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Arab, 1(2), 59-68. Diunduh di https://jurnal.stain-madina.ac.id.
Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. Orbita. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika 7(2), 283-290. Diunduh di https://journal.ummat.ac.id.

Published

2025-12-02

Versions

Issue

Section

Articles