https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/issue/feedEarly Childhood Journal2025-06-03T00:00:00+08:00Fitri Anjarwatifitrianjarwati@fkip.unmul.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify; background: white; margin: 12.0pt 0in 12.0pt 0in;"><span style="font-family: 'Verdana',sans-serif; color: #666666;"><strong>E<em>arly Childhood Journal </em>(ECJ) (e-ISSN 2723-2395)</strong><em> is a scholarly journal that publishes research findings and theoretical studies related to early childhood education. The articles of this journal are published every six months, that is on <strong>June</strong> and <strong>December</strong> and published by the is an open-access journal and published by the Bachelor Degree Program of Teacher Early Childhood Education, Teacher Training and Education Faculty, Mulawarman University, Indonesia.</em></span></p> <p style="text-align: justify; background: white; margin: 12.0pt 0in 12.0pt 0in;"><em><span style="font-family: 'Verdana',sans-serif; color: #666666;">For the author interested in submitting the manuscript, kindly <strong>register</strong> yourself. The author guidelines can be viewed it <strong><a href="http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/about/submissions">here</a></strong>, and the manuscript template can be downloaded <strong>here. </strong>Already have a Username/Password for <strong>Early Childhood Journal: Early Childhood and Parenting Studies Journal</strong>? Go to the <strong><a href="http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/login">login page</a> </strong>or you can go to the <strong><a href="http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/user/register">Signup page</a></strong> if you did not register yet.</span></em></p>https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/article/view/4524Asesment Projek P5 dan Pelaporan Hasil Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di KB DENAFFIRA Bukuan2025-04-19T04:53:57+08:00Siti Masrurohstmasru17@gmail.comAlfi Nur Fadhilahalfinurf258@gmail.comRida Jelita Pratamapratamarida6@gmail.comNurhidayah Juliahnurhidayah96329@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Asesment Projek P5 dan Pelaporan Hasil Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di KB DENAFFIRA Bukuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang menggambarkan apa adanya berdasarkan fakta yang ada dilapangan pada saat penelitian dilakukan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan terhadap guru, kepala sekolah, serta dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asesment Projek P5 dan Pelaporan Hasil Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di KB DENAFFIRA Bukuan menggunakan Indikator pembelajaran yang berpedoman pada Kurikulum 2013 dan sistem penilaiannya menggunakan pendekatan kurikulum Merdeka yang berfokus pada pengamatan langsung dan pencatatan perkembangan anak, serta pelaporan hasil pembelajaran atau rapor menggunakan narasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa Projek P5 dalam Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dan relevansi dalam menilai perkembangan anak. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dalam Proyek P5 juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman anak.</p>2025-06-30T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Siti Masruroh, Alfi Nur Fadhilah, Rida Jelita Pratama, nurhidayah juliahhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/article/view/4911Aplikasi Teori Psikososial Erik Erikson dalam Pembelajaran di PAUD2025-05-10T15:59:50+08:00Mutmainnah Mutmainnahmutmainnah@unikarta.ac.id<p>Aplikasi teori Psikososial Erik Erikson dalam pembelajaran di PAUD tidak hanya mendukung perkembangan akademis siswa tetapi juga memperkuat aspek sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aplikasi teori psikososial Erik Erikson dalam pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode kualitatif, teknik pengumpulan data berupa studi literatur atau tinjauan pustaka (<em>Library Research</em>). Pada pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang relevan pada tahap perkembangan ke tiga yaitu tahapan inisiatif vs rasa bersalah diusia 3-5 tahun, usia bermain. Adapun yang harus dilakukan pada tahapan ini di antaranya; pembelajaran dengan pendekatan bermain. Belajar melalui bermain berdasarkan potensi dan perkembangan anak pada usia dini, pendekatan saintifik dan pendekatan tematik terintegratif dapat digunakan untuk membangun cara berpikir anak dan memudahkan pendidik agar bisa memberikan pemahaman terhadap materi yang diberikan. Dengan diterapkannya pendekatan ini diharapkan anak mampu mengembangkan sikap positif, kerjasama, interaksi sosial, memecahkan masalah dan bertanggung jawab. Teori Psikososial Erik Erikson yang mencakup 8 tahap perkembangan manusia, memberikan kerangka belajar yang relevan untuk pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Dengan memahami setiap tahap, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial emosional anak serta membangun karakter yang kuat.</p>2025-06-30T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Mutmainnah Mutmainnahhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/article/view/4951Studi Pemahaman dan Kesiapan Calon Guru Sekolah Dasar terhadap Transisi PAUD-SD2025-05-30T15:56:18+08:00Ince Raudhiah Zahraraudhiahzahra@fkip.unmul.ac.idFitri Anjarwatifitrianjarwati@fkip.unmul.ac.idNurdiyah Kurniatinurdiyahkurniati@fkip.unmul.ac.idFitri Aida Sarifitrisari@fkip.unmul.ac.id<p>Dominasi paradigma kesiapan masuk jenjang Sekolah Dasar masih menitikberatkan pada pencapaian akademik seperti membaca, menulis, dan berhitung. Untuk itu, Kemendikbudristek menekankan pentingnya transisi yang menyenangkan dan ramah anak dari jenjang PAUD menuju Sekolah Dasar melalui kebijakan Transisi PAUD-SD. Kebijakan ini memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk calon guru SD. Untuk itu, dilakukan penelitian kualitatif untuk mengidentifikasi pemahaman calon guru SD terkait konsep transisi PAUD-SD, pemahaman mereka terhadap regulasi terkait, dan kesiapan mereka untuk mendukung kebijakan tersebut. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil wawancara terhadap 30 orang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden belum memiliki pemahaman yang mendalam terkait konsep transisi PAUD-SD maupun regulasi yang menyertainya. Mayoritas responden telah menyadari bahwa pemahaman terkait psikologis dan tahapan perkembangan anak diperlukan untuk mendukung transisi PAUD-SD, namun masih banyak responden yang belum mempersiapkan hal tersebut.</p>2025-06-30T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Ince Raudhiah Zahra, Fitri Anjarwati, Nurdiyah Kurniati, Fitri Aida Sarihttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/article/view/4633Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini 4-5 Tahun di TK/KB Islam Istiqamah Balikapan2025-04-19T05:24:22+08:00Agustriyana Triyanatriyanaatriyana@gmail.comHasbi Sjamsirhasbi.sjamsir@fkip.unmul.ac.idAdharina Dian Pertiwiadharinapertiwi@fkip.unmul.ac.id<p>Kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin anak usia dini 4-5 tahun di TK/KB Islam Istiqamah Balikpapan. Tujuan penetian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin anak usia dini 4-5 tahun di tk/kb islam istiqamah balikpapan. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian ini tiga guru kelas di tk/kb islam istiqamah balikpapan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi : (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) display data, (4) penarikan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin anak usia dini 4-5 tahun di tk/kb islam istiqamah balikapapan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan pendidikan karakter anak usia dini sebagai panutan bagi peserta didik untuk menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat.</p> <p> </p>2025-07-01T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Agustriyana Triyana, Hasbi Sjamsir, Adharina Dian Pertiwihttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/article/view/4339Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Video Animasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Rimba 1 Samarinda2025-04-19T04:20:31+08:00Noor Rahmah Amahrauda.tulzannah999@gmail.comWilda Isna Kartikawildakartika@fkip.unmul.ac.idMasnurrima Heriansyahmasnurrima@fkip.unmul.ac.id<p><em>Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan kemampuan berbicara anak masih tergolong rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara melalui video animasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan prosedur tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan melalui 2 siklus yang terdiri dari tindakan siklus I dan siklus II dengan 3 kali pertemuan pada tiap siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada anak kelompok A yang terdiri dari 5 anak Laki-Laki dan 5 anak Perempuan di TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Objek penelitian adalah anak dikelompok A yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengelola data dengan cara menjumlah, mencari nilai rata-rata, titik tengah, dan persentase agar mudah dibaca alur berpikirnya menggunakan tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase pencapaian kemampuan berkomunikasi anak usia dini pada siklus I mencapai 49,4% dan pada tindakan siklus II dengan persentase nilai rata-rata kemampuan berbicara pada anak yang termasuk kriteria berkembang sangat baik telah mencapai 81,99%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara melalui video animasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan siklus I sampai ke siklus II.</em></p>2025-07-01T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Noor Rahmah Amah, Wilda Isna Kartika, Masnurrima Heriansyah