Studi Pemahaman dan Kesiapan Calon Guru Sekolah Dasar terhadap Transisi PAUD-SD
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v6i1.4951Keywords:
Transisi PAUD-SD, Calon Guru SD, Regulasi PendidikanAbstract
Dominasi paradigma kesiapan masuk jenjang Sekolah Dasar masih menitikberatkan pada pencapaian akademik seperti membaca, menulis, dan berhitung. Untuk itu, Kemendikbudristek menekankan pentingnya transisi yang menyenangkan dan ramah anak dari jenjang PAUD menuju Sekolah Dasar melalui kebijakan Transisi PAUD-SD. Kebijakan ini memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk calon guru SD. Untuk itu, dilakukan penelitian kualitatif untuk mengidentifikasi pemahaman calon guru SD terkait konsep transisi PAUD-SD, pemahaman mereka terhadap regulasi terkait, dan kesiapan mereka untuk mendukung kebijakan tersebut. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil wawancara terhadap 30 orang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden belum memiliki pemahaman yang mendalam terkait konsep transisi PAUD-SD maupun regulasi yang menyertainya. Mayoritas responden telah menyadari bahwa pemahaman terkait psikologis dan tahapan perkembangan anak diperlukan untuk mendukung transisi PAUD-SD, namun masih banyak responden yang belum mempersiapkan hal tersebut.
Downloads
References
Abbas, J., Aman, J., Nurunnabi, M., & Bano, S. (2019). The impact of social media on learning behavior for sustainable education: Evidence of students from selected universities in Pakistan. Sustainability (Switzerland), 11(6). https://doi.org/10.3390/su11061683
Al-Hezam, D. M. (2017). The impact of digital technology on children’s transition from kindergarten to primary school: Bringing concepts from international research and practice to Saudi Arabia. Waikato Journal of Education, 22(2), 47–52. http://dx.doi.org/10.15663/wje.v22i2.567
Anggriani, F., Warisdiono, E., Miftahussururi, Siagian, N., Evridawati, B., & Mardianto, A. (2022). Penguatan Transisi PAUD ke SD. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Bullah, M. T., Hulukati, W., & Zubaidi, M. (2024). Persepsi Guru TK dan SD Terhadap Pelaksanaan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Kota Gorontalo. Inovasi Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(4).
Hanifah, S. (2024). Pandangan Guru tentang Program Transisi PAUD ke SD [Tesis Magister, Universitas Pendidikan Indonesia]. UPI Repository. https://repository.upi.edu/129552/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). Kemendikbudristek Luncurkan Merdeka Belajar Episode ke-24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/03/kemendikbudristek-luncurkan-merdeka-belajar-episode-ke24-transisi-paud-ke-sd-yang-menyenangkan
Kiong, J. F. (2023). The Impact of Technology on Education: A Case Study of Schools. Journal of Education Review Provision, 2(2), 43–47. https://doi.org/10.55885/jerp.v2i2.153
Loizou, E. (2011). Empowering aspects of transition from kindergarten to first grade through children’s voices. Early Years, 31, 43–55. http://dx.doi.org/10.1080/09575146.2010.51594
Mardiani, D. P., Fitria, V., & Yulianingsih, W. (2024). Program Transisi PAUD ke SD dalam Perspektif Orang Tua dan Guru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99-108. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.4939
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Rahmawati, G. M., & Kurniawati, L. (2024). Upaya Guru dan Kepala Sekolah Raudhatul Athfal dalam Mendukung Kebijakan Transisi PAUD ke SD. 7(3), 678–683. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.752
Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 1946–1739. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320
Sholihah, W., Sholiha, M., Septianingrum, P., & Wahyuningtyas, D. P. (2025). Model Kegiatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) Berdasarkan enam Aspek Pondasi Transisi di Kota Malang. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(2), 259-279. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1370
Wijaya, I. P. (2023). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan: Ditinjau Dari Aspek Psikologis Anak. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/4012/2818
Zhao, X. (2017). Transition from kindergarten to elementary school: Shanghai’s experience and inspiration. Creative Education, 8(3), 431-446.https://doi.org/10.4236/ce.2017.83033
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ince Raudhiah Zahra, Fitri Anjarwati, Nurdiyah Kurniati, Fitri Aida Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







