Aplikasi Teori Psikososial Erik Erikson dalam Pembelajaran di PAUD

Authors

  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v6i1.4911

Keywords:

Teori Psikososial, Erik Erikson, Pembelajaran di PAUD

Abstract

Aplikasi teori Psikososial Erik Erikson dalam pembelajaran di PAUD tidak hanya mendukung perkembangan akademis siswa tetapi juga memperkuat aspek sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aplikasi teori psikososial Erik Erikson dalam pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode kualitatif, teknik pengumpulan data berupa studi literatur atau tinjauan pustaka (Library Research). Pada pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang relevan pada tahap perkembangan ke tiga yaitu tahapan inisiatif vs rasa bersalah diusia 3-5 tahun, usia bermain. Adapun yang harus dilakukan pada tahapan ini di antaranya; pembelajaran dengan pendekatan bermain. Belajar melalui bermain berdasarkan potensi dan perkembangan anak pada usia dini, pendekatan saintifik dan pendekatan tematik terintegratif dapat digunakan untuk membangun cara berpikir anak dan memudahkan pendidik agar bisa memberikan pemahaman terhadap materi yang diberikan. Dengan diterapkannya pendekatan ini diharapkan anak mampu mengembangkan sikap positif, kerjasama, interaksi sosial, memecahkan masalah dan bertanggung jawab. Teori Psikososial Erik Erikson yang mencakup 8 tahap perkembangan manusia, memberikan kerangka belajar yang relevan untuk pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Dengan memahami setiap tahap, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial emosional anak serta membangun karakter yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erikson, E. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Issawi, S., & Dauphin, V. B. (2020). Industry Versus Inferiority. In Encyclopedia of personality and individual differences (pp. 2244-2247). Springer, Cham.

Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2014). Psikologi Perkembangan. Pengantar dalam Berbagai Perkembangannya. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Perss.

Semarang, U. N. (2018/2019). Perkembangan Psikososial dan Perkembangan Moral. https://www.studocu.com/id/document/universitasnegerisemarang/psikologi-pendidikan/perkembangan-psikososial-dan perkembanganmoral/28064416

Sudirjo, E (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. In UPI Sumedang Press.

Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Widiastuti. (2019). Model Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Yang Mengalami Kecacatan Fisik. Diambil kembali dari Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial: Https://Doi.Org/10.23887/Jiis.V5i1.1878

Wijirahayu, A., Krisnatuti, D., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan ibu-anak, pertumbuhan anak, dan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171-182.

Wiresti, R. D. (2020). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus yang Mengalami Kecacatan Fisik. Jurnal Early Childhood: Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V3i1.53

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mutmainnah, M. (2025). Aplikasi Teori Psikososial Erik Erikson dalam Pembelajaran di PAUD. Early Childhood Journal, 6(1), 10–21. https://doi.org/10.30872/ecj.v6i1.4911

Issue

Section

Articles