Aplikasi Teori Psikososial Erik Erikson dalam Pembelajaran di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v6i1.4911Keywords:
Teori Psikososial, Erik Erikson, Pembelajaran di PAUDAbstract
Aplikasi teori Psikososial Erik Erikson dalam pembelajaran di PAUD tidak hanya mendukung perkembangan akademis siswa tetapi juga memperkuat aspek sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aplikasi teori psikososial Erik Erikson dalam pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode kualitatif, teknik pengumpulan data berupa studi literatur atau tinjauan pustaka (Library Research). Pada pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang relevan pada tahap perkembangan ke tiga yaitu tahapan inisiatif vs rasa bersalah diusia 3-5 tahun, usia bermain. Adapun yang harus dilakukan pada tahapan ini di antaranya; pembelajaran dengan pendekatan bermain. Belajar melalui bermain berdasarkan potensi dan perkembangan anak pada usia dini, pendekatan saintifik dan pendekatan tematik terintegratif dapat digunakan untuk membangun cara berpikir anak dan memudahkan pendidik agar bisa memberikan pemahaman terhadap materi yang diberikan. Dengan diterapkannya pendekatan ini diharapkan anak mampu mengembangkan sikap positif, kerjasama, interaksi sosial, memecahkan masalah dan bertanggung jawab. Teori Psikososial Erik Erikson yang mencakup 8 tahap perkembangan manusia, memberikan kerangka belajar yang relevan untuk pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Dengan memahami setiap tahap, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial emosional anak serta membangun karakter yang kuat.
Downloads
References
Erikson, E. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Issawi, S., & Dauphin, V. B. (2020). Industry Versus Inferiority. In Encyclopedia of personality and individual differences (pp. 2244-2247). Springer, Cham.
Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2014). Psikologi Perkembangan. Pengantar dalam Berbagai Perkembangannya. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Perss.
Semarang, U. N. (2018/2019). Perkembangan Psikososial dan Perkembangan Moral. https://www.studocu.com/id/document/universitasnegerisemarang/psikologi-pendidikan/perkembangan-psikososial-dan perkembanganmoral/28064416
Sudirjo, E (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. In UPI Sumedang Press.
Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Widiastuti. (2019). Model Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Yang Mengalami Kecacatan Fisik. Diambil kembali dari Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial: Https://Doi.Org/10.23887/Jiis.V5i1.1878
Wijirahayu, A., Krisnatuti, D., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan ibu-anak, pertumbuhan anak, dan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171-182.
Wiresti, R. D. (2020). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus yang Mengalami Kecacatan Fisik. Jurnal Early Childhood: Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V3i1.53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutmainnah Mutmainnah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







