Perkembangan pada Anak menurut Santrock
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v3i2.4856Keywords:
Perkembangan, Anak Usia Dini, SantrockAbstract
Perkembangan dan faktor yang mempengaruhi perkembangan serta melihat bagaimana ciri-ciri dan prinsip perkembangan secara menyeluruh terkhusus dari ahli Santrock guna merencanakan dengan baik agar dapat mengembangkan potensi perkembangan secara optimal. Setiap makhluk hidup tentu mengalami perkembangan dari ia lahir hingga dewasa. Sesuai dengan teori Santrock yang menyebutkan Life Span atau teori perkembangan hidup bahwasannya manusia terus berkembang dari masa bayi hingga masa dewasa. Tahapan perkembangan menurut Santrock diklasifikasikan menjadi 8 tahapan. Yaitu masa tahap bayi dalam kandungan, masa bayi sampai 24 bulan, tahap awal anak-anak awal yakni dengan rentang usia 3-5 tahun, tahapan kanak-kanak rentang usia 6-11 tahun, tahapan kelima adalah tahap remaja usia 10-21 tahun, remaja awal usia rentang 20-30 tahun, tahap terakhir ada dewasa akhir atau lansia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apa saja isi dari teori perkembangan anak menurut Santrock dan dapat menjadi bahan literasi bagi pembaca dan penulis. Pada penulisan artikel ini, penulis menggunakan metode penelitian studi kepustakaan atau disebut juga dengan (library research) yakni kegiatan mengenai pengumpulan data pustaka. Perkembangan menurut Santrock sendiri menunjukkan bahwa perubahan fungsi struktural dalam diri manusia mengalami peningkatan dan dapat diramalkan dari perkembangan satu ke perkembangan selanjutnya.
Downloads
References
Amat. (2021). Pertumbuhan, Perkembangan dan Kematangan Individu. Jurnal Prodi Tadris IPS, 12(1), 59–75.
Danim, S. (2013). Perkembangan Peserta Didik (cetakan ketiga).
Indrijati, H., Andriani, F., Wulandari, Y. P., Sumniar, R. D., Mastuti, E., Hendriani, W., Fardana, A. N., Wrastari, T. A., Handayani, M. M., & Widayat, W. I. (2015). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini (Tambra, Ed.; Pertama, Vol. 1). Prenamedia Group.
Khadijah dkk. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Di RA Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3).
Khadijah, & Nurul Amelia. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Suwito, L. Novita, & Iam, Eds.; 2nd ed.). Kencana by Prenadamedia Group.
Khairi, H. (2018). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DARI 0-6 TAHUN. Jurnal Warna, 2(2).
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies , 1(2).
Nisa Felicia. (2021). Perkembangan Peserta Didik (S. Aris Suryana, Ed.; 2nd ed.). Universitas Terbuka .
Nurahmawati, D., Mulazimah, & Puspitasari, P. (2022). Pengaruh Status Gizi Prenatal Ibu Terhadap Kualitas Perkembangan Anak Usia 3-72 Bulan. Jurnal Kebidanan, 12(2), 157–166.
Nurfadilah. (2021). Perkembangan Anak Usia Dini.
Putro, Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia : Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1).
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–42.
Setiawan, R. (2019). Peran Pendidik Dalam Mengatasi Permasalahan Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Jurnal EL-Tarbawi Pendidikan Islam, 12(1), 23– 36.
Sriyanto, A., & Hartati, S. (2022). Perkembangan dan Ciri-Ciri Perkembangan pada Anak Usia Dini. Journal Fascho: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 26–34.
Syamsu Yusuf, & Nani N. Sugandhi. (2018). Perkembangan Peserta Didik (1st–7th ed.). RajaGrafindo Persada.
Wahyu Aprilia. (2020). Perkembangan Pada Masa Pranatal dan Kelahiran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4.
Winahyu, I. S., Budian, I. F., & Wahyuningrum, F. N. (2021). Perkembangan Masa Konsepsi, Dalam Kandungan (PRENATAL).
Yanti, E., & Fridalni, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2). https://doi.org/10.30633/jkms.v11i1.761
Yulsyofriend, Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 61–80.
Zahroh, S. (2020). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Annisa Mustikhatul, Dini Wulandari, Fahira Amanda Putri, Siti Khotijah, Siti Sulistiawati, Wulan Ariyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







