Peran Permainan Tradisional Belogo dalam Pengembangan Keterampilan Berkebhinekaan Global Anak Usia Dini 4-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4826Keywords:
Permainan Tradisional, Belogo, Berkebhinekaan Global, Karakter Anak Usia Dini, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran permainan tradisional Belogo dalam mengembangkan keterampilan berkebhinekaan global pada anak usia dini, khususnya pada kelompok usia 4-6 tahun. Melalui metode study literature dan wawancara kepada orang yang ahli dalam bidang permainan tradisional Belogo, penelitian ini menjelaskan bahwa permainan Belogo memiliki potensi yang sangat baik dalam menumbuhkan berkebhinekaan global anak usia dini. Khususnya pada empat elemen dimensi berkebhinekaan global termasuk sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan kemampuan berkomunikasi antar budaya. Melalui permainan tradisional Belogo anak mampu mendapatkan wawasan baru serta meningkatkan keterampilan berkebhinekaan global setiap individu. Permainan Belogo juga menjadi media pembelajaran yang efektif untuk mempersiapkan anak-anak menjadi warga global yang memiliki kesadaran akan keberagaman budaya.
Downloads
References
Alfi, M., Muharram, F., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. NAKULA: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2, 190–196. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.780
Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sb.v9i1.376
Asih, S. W., Yusron, M., & El-Yunusi, M. (2024). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Ceria” Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10604
Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067–2077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951
Cahya Saputri, P., & Katoningsih, S. (2023). Analisis Pengaruh Permainan Tradisional dalam Penguatan Kebhinekaan Global. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 392–405. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.230
Danim, S. (2013). Perkembangan Peserta Didik (cetakan kedtiga).
Ermawan, D. T. (2017). Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Daerah di Kebudayaan Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas RI |.
Fajar Rivanny, M. (2018). The Values of Balogo Traditional Game as The Source of Social Science Education (IPS) Learning.
Fatin, N., & Zulfitria, R. : (2024). Analisis Permainan Tradisional Terhadap Kecerdasan Logis-Matematis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2).
Fransisca Jallie Pattiruhu. (2023). Belajar Adil Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 72–81. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.470
Giandri Maulani, W. N. S. M. M. N. R. M. (2024). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (A. C. Purnomo, Ed.; 1st ed.).
Haroh, M. (2023). Karakteristik Keagamaan Anak Usia Dini “Unreflektive dan Egosentrisme.” JURNAL STATEMENT, 13(2).
Huizinga, J., Kegan, R. &, London, P., & Boston, H. (1944). Homo Ludens A Study Of The Play-Element in Culture.
Hurlock, B. E. (1989). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed.). Erlangga.
Husain, R. I., & Walangadi, H. (2020). Permainan Tradisional Gorontalo dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839
Istati, M. (2017). Penguatan Keterampilan Konseling Anak: Memahami Karakteristik Anak melalui Permainan Balogo. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 7(2), 2017.
Istiqomah, N., Shaleh, S., & Hamzah, A. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn dalam Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 627. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1928
Jackson, P. (2004). Local consumption cultures in a globalizing world. In Trans Inst Br Geogr NS (Vol. 29).
Karimah, F., Chandra Dewi, A. S., Andri Nugroho, A., Nilai-Nilai Karakter, P., & PGRI Semarang, U. (2022). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter dalam Program Pendidikan Indonesia Heritage Foundation (IHF). Universitas PGRI Semarang, 8(1).
Ngaisah, N. C., Na’imah, & Putro, K. Z. (2023). Analisis Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Anak Tunagrahita Berat. Thufuli, 5(1). http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index
Nisa Felicia. (2021). Perkembangan Peserta Didik (S. Aris Suryana, Ed.; 2nd ed.). Universitas Terbuka .
Normuliati, S., & Urahmah, N. (2023). Permainan Tradisional Balogo pada Masyarakat Kalimantan Selatan dalam Karya Sastra. Tashwir: Jurnal Penelitian Agama Dan Sosial Budaya, 11(1), 31–43. https://doi.org/10.18592/jt.v%vi%i.9476
Nurhaliz, T., Maulida, R. M. Z., Aida, N., Rosanti, R., Veronika, Rozie, F., & Pangestu, A. A. (2022). Internalisasi Pemanfaatan Permainan Balogo sebagai Stimulasi Pembelajaran AUD dalam Pengasuhan Keluarga Banjar. Jurnal Kajian Perkembangan Anak, 2. https://ejournal.stainupwr.ac.id/
Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1).
Patria, W. N., & Abduh, M. (2023). Analisis Elemen Dimensi Berkebhinekaan Global dalam Ekstrakurikuler Karawitan. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1947–1960. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7584
Paula, Z. F. N., & Agustin, M. (2024). Bermain yang bermakna: apakah konsep merdeka bermain pada fase pondasi sudah merdeka? Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 184–197. https://doi.org/10.24903/jw.v9i2.1793
Pyle, A., & Bigelow, A. (2015). Play in Kindergarten: An Interview and Observational Study in Three Canadian Classrooms. Early Childhood Education Journal, 43(5), 385–393. https://doi.org/10.1007/s10643-014-0666-1
Ratnasari, D., Kartandinata, S., & Supriatna, M. (2022). Bermain Sebagai Metode dalam Bimbingan dan Konseling (Kajian Filsafiah dan Ilmiah. Jurnal An-Nur, 8(1).
Sava, I. B., & Harianto, S. (2024). Esensi Budaya Permainan Tradisional pada Anak- Anak di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6030
Schaefer, C. E. (2011). Foundations of play therapy (John Wiley & Sons, Ed.; 2nd ed.). HOBOKEN,NJ.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. In Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun
Smith, P. K. (2013). Learning Through Play.
Suharti, Hendarman, Elis Rosdiawati, Asep Subagja, & Reni Anggraeni. (2022). Dimensi Berkebinekaan Global (1st ed.). Sekretariat Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek.
Sutama, W. (2021). Pendidikan Karakter dalam Permainan Tradisional Sasak. WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyacarya.v5i1.967
Syam, H. (2021). Statistik Kebudayaan 2021.
Syamsyurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 1(2), 1–14.
Tadkiroatun Musfiroh. (2014). Teori dan Konsep Bermain. Universitas Terbuka.
Trismahwati, D., & Sari, N. I. (2020). Identifikasi Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional.
Uswatun, H., Oktariya, B., & Neza, A. (2024). Analisis Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies, 3. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kbudayaan Dan Keagamaan, 15(1), 153. https://doi.org/10.1080/00222216.1990.11969821
Wello, Muh. B., Nur, S., & Azis, A. (2017). Intercultural Communication at Higher Education Context: Portraits And Practices. International Journal of Language Education, 8–16. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i2.4310
Widyaning Tyas, R., & Widyasari, C. (2023). Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 508–516. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.255
Wijayanti, R. (2014). Permainan Tradisional sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini, 5.
Yusuf Wijaya, M., & Anwar, K. (2020). Pola Komunikasi Antarbudaya Santri Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang. Al-Ittishal, 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Mustikhatul Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







