Upaya Mengenalkan Nilai-nilai Kearifan Lokal melalui Permainan Tradisional Balogo Kalimantan

Authors

  • Dini Wulandari Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v4i2.4823

Keywords:

Upaya, Identitas, Tradisi, Budaya, Balogo

Abstract

Indonesia mempunyai banyak sekali budaya yang perlu untuk dilindungi dan dilestarikan, salah satunya adalah permainan tradisional. Adanya sikap abai terhadap permainan tradisional mengakibatkan bergesernya keberadaan permainan tradisional itu sendiri termasuk Balogo beserta nilai-nilai kearifan lokalnya. Tujuan penelitian ini guna mendeskripsikan permainan tradisional Balogo yang di dalamnya memuat sejarah hukum bermain, nilai-nilai kearifan lokal, dan upaya mengenalkan nilai-nilai kearifan lokal permainan Balogo. Metode penelitian ini menggunakan jenis kepustakaan yang mengacu pada literatur buku, artikel, dan e-journal. Upaya mengenalkan permainan tradisional Balogo dari berbagai pihak telah dilakukan, salah satunya dengan adanya perlombaan di festival budaya yang diselenggarakan bahkan di komunitas daerah permainan Balogo ini. Nilai-nilai kearifan lokal terus dilestarikan agar di kemudian hari masih menjadi bagian dari identitas budaya dan diwariskan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.; I). CV. Syakir Media Press.

Affandy, S. (2019a). PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 201–225. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.3391

Affandy, S. (2019b). PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 201–225. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.3391

Agus Salim, & Wedra Aprison. (2024). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 22–30. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.213

Agustina, R. N., & Khasyi’in, N. (2023). Budaya Permainan Tradisional Balogo dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(5), 1352–1360.

Ardiyanto, A. (2018). PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI WUJUD PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI. In A. Ardiyanto (Ed.), Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital (pp. 173–176). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Asri, N., Pratiwi, E., Barikah, A., & Kasanrawali, A. (2021). Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Melalui Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional Kalimantan Selatan. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 126. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5419

Bellaputri, A., Dermawan Purba, F., & Qodariah, L. (2022). KUALITAS HIDUP ORANG TUA DARI ANAK DENGAN DISABILITAS INTELEKTUAL: STUDI KUALITATIF. Journal Psychology of Science and Profession, 6(1), 42–57.

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Fajriani, K., Pancasilawati, A., Hasmawaty, H., & Liana, H. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Balogo. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 92–104. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i2.4024

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha, K. D. I. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159.

Handoko, D., & Gumantan, A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu. Journal Of Physical Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.951

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Wulandari, D. (2025). Upaya Mengenalkan Nilai-nilai Kearifan Lokal melalui Permainan Tradisional Balogo Kalimantan. Early Childhood Journal, 4(2), 85–95. https://doi.org/10.30872/ecj.v4i2.4823

Issue

Section

Articles