Studi Kasus Gangguan Mutisme Selektif (Selective Mutism) pada Anak Kelompok A di Children Center Brawijaya Smart School UB
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v4i1.4816Keywords:
Gangguan, Mutisme Selektif, AnakAbstract
Mutisme selektif mempunyai gejala yang berbeda dari sekedar sifat pemalu. Anak mutisme selektif memiliki kemampuan berbicara dan mendengar dengan baik. Hasil studi pendahuluan terhadap seorang anak TK A di CC BSS UB ditemukan bahwa anak sering tidak menjawab pertanyaan dari guru dan lebih banyak diam ketika di sekolah. Orang tua mengatakan bahwa anak sangat aktif berbicara ketika di rumah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif studi kasus. Hasil penelitian diperoleh bahwa anak berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Salah satu faktor penyebabnya yaitu malu dan kurang percaya diri. Kendala yang dialami guru dalam mengatasinya yaitu sulit mendorong agar mau berbicara. Cara penanganan yang dilakukan yaitu menjadikan anak sebagai pemimpin.
Downloads
References
Anggraheni, Dwi Astary. (2016). Meningkatkan Kematangan Psikososial pada Anak dengan Gangguan Selective Mutism. http://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/indexphp/psikovidya/article/view/12/9. Diakses 16 Desember 2017
Anggraini, Wenty. (2011). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak (Studi Kasus Anak Usia 5 Tahun).lib.unnes.ac.id/2802/1/3489.pdf, diakses 24 November 2017.
Camposano, Lisa. (2011). Silent Suffering: Children with Selective Mutism. http://tpcjournal.nbcc.org/wp-content/uploads/Camposano-Article.pdf, diakses 14 Desember 2017.
Dukes, Chris & Smith, Maggie. (2007). Cara Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berbahasa pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Indeks.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Santrock, John. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup): Edisi ketigabelas jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Simanjuntak, Ermida L. (2016). Metode Bermain untuk Mengatasi Selective Mutism pada Anak Usia Dini. http://bppauddikmas-jatim.id/ebook/jpnf/jpnf 2 2016.pdf#page=38. Diakses pada 4 April 2018.
Tarigan, Djago. (1990). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Triyono, dkk. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ulfatin, Nurul. (2013). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Yanuarini, Shanti. (2016)S. Kajian Tentang Mutisme Selektif pada Siswa di SekolahUmum.http://www.academia.edu/9687492/Kajian_Tentang_Mutisme_Selektif_pada_Siswa_di_Sekolah_Umum, diakses pada 14 Desember 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alfiana Fajarwatiningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







