Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Anak 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 4 Samarinda

Authors

  • Nuria Helmi Universitas mulawarman
  • Muh Amir Masrumin Universitas Mulawarman
  • Evi Palenewen Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4653

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Media Audio Visual, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini sampel yang  digunakan ialah anak kelompok B yang berjumlah 39 anak. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest adalah 15.28 dengan 25.64% mulai berkembang dan 74.36% belum berkembang. Setelah adanya treatment nilai rata-rata posttest menjadi 29.94 dengan 25.64% berkembang sangat baik, 74.35% berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh n-gain score dengan kategori sedang, yaitu normalized gain 0.59 dengan 59.92% yang berarti kemampuan kognitif setelah diberikan perlakuan (treatment) melalui media audio visual berada pada kategori cukup efektif. Untuk menguji hipotesis menggunakan sample paired t-test dengan melihat nilai signifikansi pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh ialah kurang dari α, atau 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan 67-60Anak Usia Dini, 1(01), 60–71.

Indriyani, Y., & Fitri Rizkika Junaedi, S. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2961–2981. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.619

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Kartika, I. W. (2022). Pedoman Penulisan Skripsi Pg Paud Universitas Mulawarman, Samarinda

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.

Mesiono, M., Vanni, S. O., & Zairina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jurnal Raudhah, 8(1), 58–68.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta

Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17–24.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Helmi, N., Amir Masrumin, M., & Palenewen, E. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Anak 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 4 Samarinda. Early Childhood Journal, 5(2), 59–67. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4653

Issue

Section

Articles