Menyesuaikan Asesmen Berdiferensiasi dengan Kebutuhan dan Kemampuan Siswa di TK Ukan Hasupa Kelas B

Authors

  • Diah Pratiwi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Salsabilla Amara Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Ayu Sitaresmi Mukiman Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Putri Aulia Az-Zahra Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4529

Keywords:

Asesmen Berdiferensiasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Keragaman kemampuan pada siswa menjadi tantangan dalam melakukan asesmen kemampuan umum siswa. Situasi seperti ini, asesmen berdiferensiasi tampak menjadi pilihan yang tepat, selain mengukur hasil kemampuan siswa namun juga mengukur proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi asesmen berdiferensiasi di TK Ukan Hasupa kelas B sebagai upaya mengakomodasi keragaman kemampuan, minat, dan kebutuhan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen berdiferensiasi memberikan dampak positif terhadap keterlibatan dan perkembangan siswa, terutama dalam konteks pendidikan anak usia dini. Guru menyesuaikan materi, metode, dan produk asesmen berdasarkan profil belajar masing-masing siswa. Implementasi asesmen ini tidak hanya memperkuat proses pembelajaran yang inklusif, tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi. Meskipun demikian, pelaksanaannya memerlukan persiapan matang, kompetensi guru yang memadai, serta dukungan sarana dan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan. Penelitian ini menegaskan bahwa asesmen berdiferensiasi selaras dengan prinsip kurikulum merdeka dan relevan diterapkan dalam pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Buri, V. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Inklusif di Kelas XI SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya.

Diarera, D., & Budiarti, W. N. (2024). Optimalisasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Diferensiasi: Menggali Konsep, Implementasi, Dan Dampaknya. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92643

Fitriani, F., & Maemonah, M. (2022). Perkembangan Teori Vygotsky dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika di Mis Rajadesa Ciamis. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 35. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8398

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Hadiana, D. (2015). Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 15–26. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.173

Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. 09.

Hetilaniar, H., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Pewara Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(3), 385–397. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.9978

Ibrahim, S., & Haerudin, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Diferensiasi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11913

Irawan, S. (2024). Analisis Tingkat Keterampilan 4C Peserta Didik Abad 21 Dalam Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi. 14(1),121-133. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.20184

Juita, A. K., Wea, M. C. S., & Kajo, M. C. I. (2024). Analisis Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Anak Usia Dini di TK St. Theresia Mangulewa.

Kunci, K. (2024). Implementation of Differentiate Learning in Elementary Education (Literature Review in the Implementation of the Merdeka Curriculum).

Kurniasih, K., Supena, A., & Nurani, Y. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109

Lasino, L. (2022). Penerapan Supervisi Observasi Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif di SMA Negeri 1 Toba Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 95–114. https://doi.org/10.54082/jupin.52

Maharani, S. D. (2021). Asesmen Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. 4(01).

Nurhasanah, A., Yuliyanti, N., Citrawati, T., Handoyo, E., & Raharjo, T. J. (2024). Implementasi Differensiasi dalam Perspektif Kontruktivisme pada Mata Pelajaran Matematika. 10.

Purnawanto, A. T., & Pd, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. 2.

Ramadani, H., Hakim, M. S., Ayunda, Z., & Mustika, D. (2024). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah.

Rifaaldi, F., & Hadijah, H. S. (2021). Meningkatkan prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.17509/jpm.v6i1.40822

Saputri, R. E., & Yunita, R. (2024). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Efektif Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. 7.

Sarnoto, A. Z. (2021). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.

Yuniria, A., & Atikah, C. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Pratiwi, D., Amara, S., Ayu Sitaresmi Mukiman, N., & Az-Zahra, P. A. (2025). Menyesuaikan Asesmen Berdiferensiasi dengan Kebutuhan dan Kemampuan Siswa di TK Ukan Hasupa Kelas B. Early Childhood Journal, 5(2), 83–91. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4529

Issue

Section

Articles