Asesment Projek P5 dan Pelaporan Hasil Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di KB DENAFFIRA Bukuan
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v6i1.4524Keywords:
Asesmen Projek P5, Kurikulum Merdeka, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Asesment Projek P5 dan Pelaporan Hasil Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di KB DENAFFIRA Bukuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang menggambarkan apa adanya berdasarkan fakta yang ada dilapangan pada saat penelitian dilakukan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan terhadap guru, kepala sekolah, serta dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asesment Projek P5 dan Pelaporan Hasil Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di KB DENAFFIRA Bukuan menggunakan Indikator pembelajaran yang berpedoman pada Kurikulum 2013 dan sistem penilaiannya menggunakan pendekatan kurikulum Merdeka yang berfokus pada pengamatan langsung dan pencatatan perkembangan anak, serta pelaporan hasil pembelajaran atau rapor menggunakan narasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa Projek P5 dalam Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dan relevansi dalam menilai perkembangan anak. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dalam Proyek P5 juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman anak.
Downloads
References
Ashfarina, I. N., Soedjarwo, S., & Wijayati W, D. T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1355–1364. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.442
Azah, N., Sholeh, M. I., Aziz, A. A., Al-Fatih, M., Pratiwi, E. Y. R., & Masruroh, L. (2024). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project for Preserving Local Traditions at MTsN 17 Jombang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1069–1082. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.700
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1. 38075. 33-54
Firani Putri & Supratman Zakir. (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 172–180. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i4.1783
Fitria, N. N., Mufidah, L. L. N., & Setiawati, P. (2024). Summative Assessment of Islamic Education Subject in Merdeka Curriculum. Journal of Educational Research and Practice, 2(3), 112–122. https://doi.org/10.70376/jerp.v2i3.157
Harvey, H., Pierce, J., & Hirshberg, D. (2023). Using Participatory Research to Develop a Culturally Responsive Early Childhood Assessment Tool. Journal of Participatory Research Methods, 4(2). https://doi.org/10.35844/001c.77624
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Jayawardana, H. B. A., Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Gita, R. S. D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710
Mazid, S., Futaqi, S., & Farikah, F. (2021). The Concept of “Freedom of Learning” In a Multicultural Education Perspective. Ta’dib, 24(1), 70. https://doi.org/10.31958/jt.v24i1.2759
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142.
Prasetyowati, H., Iriani, A., & Ismanto, B. (2024). Education Program Evaluation P5 (Pancasila Student Profile Strengthening Project) Using CIPP. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 5(03), 616–622. https://doi.org/10.59141/jiss.v5i03.1053
Putri, C. A., & Ar, A. (2023). Pengaruh Asesmen Formatif, Peran Guru, Dan P5 Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Akl. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 4(1), 81–87. https://doi.org/10.24127/edunomia.v4i1.4877
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., & Widyastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Samsudi, S., Supraptono, E., Utanto, Y., Rohman, S., & Djafar, T. (2024). Unraveling the Merdeka Curriculum: Exploring Differentiated Instruction’s Impact on Student Learning. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 12(2), 517. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v12i2.1131
Wahyudi, M. D. (2015). Implementasi authentic assessment di paud. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Masruroh, Alfi Nur Fadhilah, Rida Jelita Pratama, nurhidayah juliah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







