Studi Analisis: Transisi Assesmen Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka PAUD Plus Puri Kencana

Authors

  • Tanaya Putri Anggraini Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sri Artati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fatimatunnusyaibah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Aprilia Nurzana Sandika Putri Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v4i2.4522

Keywords:

Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka , Penilaian, PAUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan filosofi, tujuan, dan implementasi penilaian antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) khususnya di PAUD Plus Puri Kencana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kurikulum, terutama dalam struktur, pendekatan pembelajaran, materi, dan sistem penilaian. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa. Penilaian di Kurikulum Merdeka lebih berfokus pada narasi perkembangan anak melalui jurnal pembelajaran guru. Namun, adaptasi guru terhadap perubahan paradigma masih menjadi tantangan. Keterlibatan orang tua dan kolaborasi dengan pihak lain ditemukan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum dan praktik pendidikan yang lebih responsif di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., & Mustika, D. (2023). 7+Ririn+359-364. 6(3). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.540

Danur, D. T., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan TK Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 715–721.

Di, M., Pembina, T. K., & Jambi, K. (2023). Analytical study; transition of curriculum 13 to independent curriculum in kindergarten private 1, jambi city. 3(1), 9–20.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Tanaya Putri Anggraini, Sri Artati, Fatimatunnusyaibah, & Aprilia Nurzana Sandika Putri. (2025). Studi Analisis: Transisi Assesmen Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka PAUD Plus Puri Kencana. Early Childhood Journal, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.30872/ecj.v4i2.4522

Issue

Section

Articles