Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Video Animasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Rimba 1 Samarinda

Authors

  • Noor Rahmah Amah universitas mulawarman
  • Wilda Isna Kartika Universitas Mulawarman
  • Masnurrima Heriansyah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v6i1.4339

Keywords:

Video Animasi, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan kemampuan berbicara anak masih tergolong rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara melalui video animasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan prosedur tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan melalui 2 siklus yang terdiri dari tindakan siklus I dan siklus II dengan 3 kali pertemuan pada tiap siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada anak kelompok A yang terdiri dari 5 anak Laki-Laki dan 5 anak Perempuan di TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Objek penelitian adalah anak dikelompok A yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengelola data dengan cara menjumlah, mencari nilai rata-rata, titik tengah, dan persentase agar mudah dibaca alur berpikirnya menggunakan tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase pencapaian kemampuan berkomunikasi anak usia dini pada siklus I mencapai 49,4% dan pada tindakan siklus II dengan persentase nilai rata-rata kemampuan berbicara pada anak yang termasuk kriteria berkembang sangat baik telah mencapai 81,99%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara melalui video animasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan siklus I sampai ke siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Syukur. (2017). Meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode bercerita bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal pendidikan dan Pembelajaran anak usia dini 4(2) hlm. 154

Ani, Endriani. (2015). Studi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini di TK Nurul Huda Selayar Sakra barat Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan hlm. 115

Ani, Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia: hlm. 91

Dwi, Ita Puspitasari. (2020). Pemanfaatan Video Pembelajaran untuk meningkatkan komunikasi dengan spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Khusus 15(2) Hlm. 3

Dwi, Renny Hidayati & Ervin, Nurul Affrida. (2020). Mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode bercerita dengan media hand puppet.incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(01) hlm. 37

Fauziddin, M. (2017). Upaya peningkatan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan menceritakan kembali isi cerita dikelompok bermain aisyiyah gobah kecamatan tambang. Jurnal Obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini 1(1)hlm. 44

Fitriah Hayati, dkk. (2018). Peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan melalui metode bermain peran pada anak kenlompok B di TK Aisyiyah Merduatibanda Aceh).Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. hlm. 712

H. Aceng, Hasani. 2018). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPPPAUD FKIP UNTIRTA). Jakarta: FKIP UNTIRTA.

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif : Starategi mengelola kelas secara efektif dan menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mudjia, Rahardjo. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Wiratnaningsih. (2021). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Programatik di TK Anggrek Kencana Batang. Jurnal Kualita Pendidikan : hlm. 107

Sovia, Ikhwani A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Noor Rahmah Amah, Wilda Isna Kartika, & Masnurrima Heriansyah. (2025). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Video Animasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Early Childhood Journal, 6(1), 48–53. https://doi.org/10.30872/ecj.v6i1.4339

Issue

Section

Articles