Peningkatan Kemampuan Kognitif melalui Game Edukasi Anak Cerdas pada Kelompok B di TK Tunas Rimba 1 Samarinda

Authors

  • Seli Marlita Universitas Mulawarman
  • Tri Wahyuningsih Universitas Mulawarman
  • Fachrul Rozie Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v4i2.4333

Keywords:

Kogitif , PAUD, Game Edukasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui game edukasi program pembelajaran anak cerdas (cermat, rajin dan asyik) permainan mengenal huruf A-Z pada kelompok b (usia 5-6 tahun) di TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Observasi Anak, dan Lembar Observasi Guru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui game edukasi program pembelajaran anak cerdas permainan mengenal huruf A-Z, peserta didik kelompok b (usia 5-6 tahun) di TK Tunas Rimba 1 Samarinda mengalami peningkatan kemampuan kognitif dari beberapa siklus yang telah dilakukan. Pra siklus menunjukkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik hanya 30,76%. Pemberlakuan siklus I pada peserta didik meningkatkan kemampuan kognitif menjadi 48,70%. Pemberlakuan siklus II meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik menjadi 64,09%. Pemberlakuan siklus III meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik hingga 84,61%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini . Bandung: Widina Bhakti Persada.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Indarwati. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Sada Kurnia Pustaka.

Mauda, F., & Arsyad, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Rancang Balok di Kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro XIII Kecamatan Dungingi. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 101-114. Retrieved from https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ECIEJ/article/download/228/212/1142

Maulana, M. A. (2023). Buku Ajar Media dan Alat Permainan Edukasi Anak Usia Dini dengan Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning. Jakarta: Eureka Media Aksara.

Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 64-72. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/download/5875/2861/

Sidiq, R. (2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad. Median: Unimed Press.

Sujiono. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta: Edu Publisher.

Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Umam, A. K., & Rizqiyani, R. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Kajian Teoretis dan Studi Empiris. Yogyakarta: Idea Press.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Seli Marlita, Tri Wahyuningsih, & Fachrul Rozie. (2025). Peningkatan Kemampuan Kognitif melalui Game Edukasi Anak Cerdas pada Kelompok B di TK Tunas Rimba 1 Samarinda . Early Childhood Journal, 4(2), 96–105. https://doi.org/10.30872/ecj.v4i2.4333

Issue

Section

Articles