Kesiapan Sekolah dalam Transisi Kurikulum Merdeka di TK Cut Nya’ Dien Jember

Authors

  • Citra Faridatul Nur Ilmiah Universitas Jember
  • Saffana Najwa Hamid Universitas Jember
  • Safira Aliya Afrianti Universitas Jember
  • Nasla Sajidah Irsyadilah Universitas Jember
  • Minda Dwi Azza Abidah Universitas Jember
  • Aisyah Nur Atika Universitas Jember
  • Muhammad Irfan Hilmi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4094

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, PAUD, Transisi

Abstract

TK Cut Nya’ Dien, yang sebelumnya menerapkan Kurikulum 2013, saat ini sedang dalam proses transisi menuju Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan lembaga dalam menghadapi transisi tersebut. Penelitian dilaksanakan di TK Cut Nya’ Dien yang berlokasi di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan satu orang guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan lembaga dalam menghadapi transisi ke Kurikulum Merdeka di TK Cut Nya’ Dien Jember tergolong cukup baik dari segi sumber daya manusia, sarana, prasarana, dokumen, serta proses pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Namun, pelaksanaannya masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan sumber daya manusia agar memahami Kurikulum Merdeka secara menyeluruh, pengembangan sarana dan prasarana pendukung kegiatan belajar berbasis pembelajaran mandiri, serta pemahaman dalam penyusunan dokumen dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad dan Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Palangka Raya Int. Natl. Conf. Islam. Stud., 1(1), 173–186.

Alfath, A., F. N. Azizah, dan D. I. Setiabudi. 2022. Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. SOSHUMDIK, 1(2), 42–50.

Anggraini, E. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Keprofesionalan Guru PAUD. Jurnal Usia Dini, 8(2), 110–118.

Faiz, M., Y. Supriyanti, dan D. R. Sari. (2023). Analisis Kurikulum Nasional Dan Muatan Lokal. INNOVATIVE, 3(5), 5881–5897.

Fitri, A. Z. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Malang: Madani.

Hasanah, L N. Febriyanti, N. Oktaviiani, P. Syafira, dan A. Zahra (2023) Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini di Taman Kanak Kanak Nurul Hasanah. PESONA PAUD, 10(1), 1–13.

Hastuti, I. B., T. Asmawulan, dan Q. F. Fitriyah. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Obsesi, 6(6), 6651–6660.

Indriyani, I. E. dan R. Jannah. (2023). Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. PROSPEK, 2(2).

Karmilah, Sayyidati M (2022). Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Harapan Bunda Management of Early Childhood Education Curriculum at PAUD Harapan Bunda. PESONA PAUD, 9(2), 112–122.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kurniasih, I. (2022). A-Z Merdeka Belajar + Kurikulum Merdeka. Bandung: Kata Pena.

Kurniasih, I. (2023). A-Z Implementasi Kurikulum Merdeka. Surabaya: Kata Pena.

Marisana D., S. Iskandar, dan D. T. Kurniawan. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Basicedu, 7(1), 139–150.

Mathofany, E. W. Suweleh, Gusmaniarti, dan Wahono. (2023). Analisa Kesiapan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK Kusuma Bangsa Kecamatan Pabean Cantian Kota Surabaya. Jendela Bunda, 11( 2).

Rahayu, M. S, I. Hasan, Asmendri, dan M. Sari. (2023). Relavansi Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Dharmas Educ. J., 4(1), 108–118.

Rasmani, U. E. E, A. Rahmawati, W. Palupi, Jumiatmoko, N. S. Zuhro, dan A. Fitrianingtyas. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Int. J. Community Serv. Learn., 5,(3), 225–233.

Rindayati, E., C. A. D. Putri, dan R. Damariswara. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Tindakan Kelas, 3(1), 18–27.

Sari, N. K. (2021). Pentingnya Manajemen Kurikulum dalam Pengelolaan Pendidikan. At-Tazakki, 5(1), 37–48.

Sahnan, A. dan T. Wibowo. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. SITTAH, 4(1), 29–43.

Sianturi, R., N. L. Aisyahni, dan M. Lembayun. (2023). Pengelolaan Kurikulum Merdeka di KB Al Fawwaz. Incrementapedia, 5(2)74–78.

Sugiri, W. A. dan S. Priatmoko. (2020). Perspektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar. At-Thullab, 4(1), 53–61.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukatin, A. G. Lestari, A. Y. Grasela, D. N. Amaliah, F. Asfiyah, dan J. Rosadi. (2022) Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kurnia Kota Jambi. Bunayya, 8(1), 94–100.

Suryadien, D. D. Rusmiati, dan A. A. Dewi. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. PGMI UNIGA, 1(1), 27–34.

Wiyani, Novan Ardy. (2020). Dasar-Dasar Manajemen PAUD, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Manajemen PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuhasnil dan S. Anggreni. (2020). Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. ALIGNMENT, 3(2), 214–221.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Faridatul Nur Ilmiah, C., Najwa Hamid, S., Aliya Afrianti, S., Sajidah Irsyadilah, N., Dwi Azza Abidah, M., Nur Atika, A., & Irfan Hilmi, M. (2025). Kesiapan Sekolah dalam Transisi Kurikulum Merdeka di TK Cut Nya’ Dien Jember. Early Childhood Journal, 5(2), 48–58. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4094

Issue

Section

Articles