PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI TK TUNAS MUDA KOTA BANGUN
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v1i1.210Keywords:
kemampuan berhitung, media, puzzleAbstract
Untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berhitung 1-20 melalui permainan puzzle di TK Tunas Muda Kota Bangun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Tunas Muda Kota Banguan semester 2 tahun 2016/2017. Subjek dalam penelitian adalah anak di TK Tunas Muda Kota Bangun. Pelaksanaan pembelajaran adalah penelitian, Teknik pengumpulan data di lakukan melaui dokumentasi dan lembar observasi. Observasi di lakukan padasaat proses pembelajaran, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III, setiap siklusnya sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 49,65% (Kurang), pada siklus II nilai rata-rata 61,45% (Cukup), pada siklus III niali rata-rata 77,08% (Baik). karean kriteria sudah baik dan nilai yang diperoleh adalah 70% sesuai target sehingga pada siklus III dikatakan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan puzzle di TK Tunas Muda mengalami peningkatan.
Downloads
References
AranithaEriene. 2014. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Puzzle Kelompok B di TK Kartika V-12 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014.Skripsi. FKIP Universitas MulawarmanSamarinda
ArikuntoSuharsimi, Suharjono, dkk, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan diTaman Kanak-kanak.Dirjen Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, Jakarta
Mujito. 2007. Permainan Berhitung Permulaan. DepPenNas. Jakarta
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no. 146 th 2014
SujionoNurainiYuliani. 2008. MetodePengembanganKognitif.Jakarta: Universitas Terbuka