PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIC CENTER SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v1i1.208Keywords:
Pembelajaran Sentra, Kecerdasan Logika Matematika, Hasil PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam suatu data primer dan sekunder tertentu yaitu: Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan perencanaan yang dilakukan guru dalam penerapan model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan Logika Matematika anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda dilakukan dalam pembuatan RPPM dan RPPH, dengan pelaksanaan yang meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan sesudah main semua sentra mengenalkan bentuk geometri pada kecerdasan logika matematika yang di kembangkan bisa teridentifikasi dari jenis main yang di tawarkan oleh pendidik. Hasil yang dicapai anak usia dini dari model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan Logika Matematika pada anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda yaitu Berkembang Sesuai Harapan.
Downloads
References
Khasanah, Ismatul. 2013. Pembelajaran logika matematika anak usia dini (4-5 tahun) di TK Ikal Bulog Jakarta Timur. Jurnal Penelitian PAUDIA.
Montolalu, dkk. 2005. Bermain dan Permainan anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muliawan, Jasa Ungguh. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media.
Rahardjo, Budi. 2009. Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini (Kajian Kualitatif dan Keluarga di TK At-Taqwa Rawamayun.) Disertasi Pascasarjana. Jakarta: IKIP UNJ.
Rosidah, Laily. 2014. Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. No. 2. Banten: Universitas Ageng Tirtayasa Banten.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta: Depdiknas.