PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIC CENTER SAMARINDA

  • Budi Rahardjo Universitas Mulawarman
  • Titi Dwi Jayanti
  • Malpaleni Satriana Universitas Mulawarman
Keywords: Pembelajaran Sentra, Kecerdasan Logika Matematika, Hasil Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam suatu data primer dan sekunder tertentu yaitu: Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan perencanaan yang dilakukan guru dalam penerapan model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan Logika Matematika anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda dilakukan dalam pembuatan RPPM dan RPPH, dengan pelaksanaan yang meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan sesudah main semua sentra mengenalkan bentuk geometri pada kecerdasan logika matematika yang di kembangkan bisa teridentifikasi dari jenis main yang di tawarkan oleh pendidik. Hasil yang dicapai anak usia dini dari model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan Logika Matematika pada anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda yaitu Berkembang Sesuai Harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). (Jakarta: Kencana Prenada Media Gruop).
Khasanah, Ismatul. 2013. Pembelajaran logika matematika anak usia dini (4-5 tahun) di TK Ikal Bulog Jakarta Timur. Jurnal Penelitian PAUDIA.

Montolalu, dkk. 2005. Bermain dan Permainan anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muliawan, Jasa Ungguh. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media.
Rahardjo, Budi. 2009. Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini (Kajian Kualitatif dan Keluarga di TK At-Taqwa Rawamayun.) Disertasi Pascasarjana. Jakarta: IKIP UNJ.
Rosidah, Laily. 2014. Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. No. 2. Banten: Universitas Ageng Tirtayasa Banten.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta: Depdiknas.
Published
2021-06-30
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'