PENGARUH MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK CENDRAWASIH SAMARINDA

  • Muh. Amir Masruhim Universitas Mulawarman
  • Elin
  • Evie Palenewen Universitas Mulawarman
Keywords: Media Audio Visual, Perkembangan Kognitif, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Media audio visual merupakan media yang dapat menstimulus perkembangan kemampuan kognitif anak dengan anak mampu mengenal benda berdasarkan warna dan bentuk, menyebutkan benda berdasarkan warna dan bentuk, dan mengklasifikasikan benda berdasarkan warna dan bentuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media audio berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen jenis one group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah 35 anak dengan sampel sebanyak 10 anak. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data uji statistik. Berdasarkan hasil perhitungan setelah diberi perlakuan meningkat hingga 45,1%, pada awal saat pretest perkembangan kognitif anak 40,18%, kemudian pada saat postest meningkat jadi 85,28%. Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio visual memberikan pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelas B1 usia 5-6 Tahun di TK Cendrawasih Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yamin, Martinis. Sanana, Jamilah Sabri. 2010. Panduan Pendidikan Anak
usia Dini. Jakarta : Gaung Persada (GP)
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Pendekatan Kualitatif, dan R&D). Bandung Alfabeta
Sugiono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Riduwan, 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Published
2021-06-30
Section
Articles