Penanganan Speech Delay pada Abak Usia 6 Tahun menggunakan Metode Bercerita di TK Karya Muda Ciherang Kecamatan Kadugede

  • Popi Novianti
  • Erna Dosen
Keywords: Speech delay, metode bercerita, interaksi sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik anak speech delay di TK Karya Muda; 2) faktor yang menyebabkan siswa di TK Karya Muda dapat mengalami speech delay; dan 3) strategi guru dalam menangani speech delay menggunakan metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Karya Muda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan peserta didik TK Karya Muda yang mengalami speech delay. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Anak speech delay di TK Karya Muda memiliki lima karakteristik umum yaitu tidak mampu mengucapkan sesuatu yang bermakna, tidak mampu menunjukkan reaksi saat bertemu orang lain, tidak mampu membuat kalimat, tidak mampu menirukan suara, dan kata yang diucapkan tidak dapat dipahami oleh orang lain. 2) Faktor yang menyebabkan siswa di TK Karya Muda dapat mengalami speech delay antara lain; adanya sifat pemalu dalam diri, tingginya intensitas penggunaan gawai, kurangnya orang tua dalam mengajak berbicara, tingginya intensitas menonton televisi dan menggunakan gawai, serta pendeknya lidah. 3) Penanganan speech delay menggunakan metode bercerita di TK Karya Muda dilakukan dengan beberapa media yaitu menggunakan boneka, menggunakan gambar digital untuk memperlihatkan gambar tumbuhan atau hewan yang ada di dalam cerita, menggunakan Youtube, dan guru meminta salah satu peserta didik untuk bercerita singkat. Cerita yang dibawakan oleh guru antara lain adalah cerita flora dan fauna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay Pada Anak. Jurnal Al-Shifa, 1(2), 102-110.
Handayani, V. V. (2022, Februari 13). Halodoc. Retrieved from Halodoc.com: https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-mengatasi-speech-delay-pada-anak
Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool, 2(2), 1-10.
Milles, M., & Huberman. (2005). Qualitative Data Analysis. (Terjemahan Saldana). Jakarta: UI Press.
Nilawati, & Suryana. (2018). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. PAUD UNP, 1(1), 1-8.
Nurmasari, A. (2016). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Keterlambatan Perkembangan Pada Aspek Bicara dan Bahasa Pada Balita di Kelurahan Tambakrejo. Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.
Ramli, I. N. (2020). Penanganan Anak Speech Delay Menggunakan Metode Bercerita di KB Al-Azkia Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Purwokerto: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Published
2023-01-22
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'