strategi guru dalam menangani interaksi sosial pada anak speech delay di kb mekar jaya

  • putri dwi nurdayanti puput
  • Badroeni prodi PG-PAUD STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN
Keywords: Speech Delay, Anak, Strategi Guru, Interaksi Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik anak speech delay di KB Mekar Jaya; 2) faktor yang menyebabkan siswa di KB Mekar Jaya mengalami speech delay; dan 3) mengetahui strategi guru dalam menangani interaksi sosial anak speech delay di KB Mekar Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan peserta didik KB Mekar Jaya yang mengalami speech delay. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Anak speech delay di KB Mekar Jaya memiliki empat karakteristik umum yaitu mengeluarkan kata-kata atau kalimat yang tidak biasa seperti anak- anak pada umumnya, belum bisa merangkai dua atau tiga kata, berbicara lebih lambat dari pada anak seumurannya, dan kesulitan dalam belajar mengeja, bahasa bahkan Matematika 2) Faktor yang menyebabkan siswa di KB Mekar Jaya dapat mengalami speech delay antara lain; adanya intensitas tinggi dalam menggunakan gawai untuk menonton video, memiliki kesukaan menonton televisi, pendiam, serta jarang diajak berbicara oleh orang tua. 3) Strategi guru dalam menangani interaksi sosial anak speech delay di KB Mekar Jaya antara lain; melakukan diskusi sederhana, rajin mengajak anak untuk berbicara tentang berbagai hal, menggunakan teknik bernyanyi saat menyampaikan pelajaran, mengajukan pertanyaan seputar diri atau kegiatanya, membacakan cerita untuk anak, serta melibatkan orang tua dari anak speech delay.

 

Kata kunci: Speech Delay, Anak, Strategi Guru, Interaksi Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

daftar pustaka
Azizah. (2017). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 8-18.
Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay Pada Anak. Jurnal As-Shifa, 1(2), 1-9.
Fitriyani. (2019). Language Development and Social Emotions in Children with Speech Delay: Case Study of 9 Year Olds in Elementary School. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(1), 23-33.
Habib, & Hidayati. (2013). Intervensi Psikologis Pada Pendidikan Anak Dengan Keterlambatan Bicara. Madrasah, 5(1), 76-93.
Hutami, & Samsidar. (2018). Strategi Komunikasi Simbolik Speech Delay Pada Anak Usia 6 Tahun di TK Paramata Bunda Palopo. Jurnal Tunas Cendikia, 1(1), 39-48.
Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool, 2(2), 206-2016.
Khodijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary, 2(2) 35-44.
Khoiriyah, Ahmad, A., & Fitriani. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36-45.
Madyawati. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Miles, & Huberman. (2005). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Nilawati, & Suryana. (2018). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 1-8.
Palupi. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia. Yogyakarta: Perkembangan.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia.
Sari, S. N., Memy, Y., & Ghanie, A. (2015). Angka Kejadian Delayed Speech Disertai Gangguan Pendengaran pada Anak yang Menjalani Pemeriksaan Pendengaran di Bagian Neurootologi IKTHT-KL RSUP Dr. Moh. Hoesin. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 2(1), 121-127.
Siregar, & Hazizah. (2019). Studi Kasus Keterlambatan Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 22-27.
Taseman, Safaruddin, & Erfansyah, N. F. (2020). Strategi Penanganan Gangguan (Speech Delay) Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED, 2(1), 13-26.
Tiel. (2011). Pendidikan Anakku Terlambat Bicara. Jakarta: Prenada.
Yulianda. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Berbicara Pada Anak Balita. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 12-16.
Published
2023-01-22
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'