https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bivalen/issue/feedBivalen: Chemical Studies Journal2025-06-30T00:00:00+08:00Mr. Agung Rahmadanibivalencsj@fkip.unmul.ac.idOpen Journal Systems<p><em><strong>Bivalen: Chemical Studies Journal</strong> (e-ISSN: 2615-8426; p-ISSN: 2615-8418), abbreviated as <strong>Biv. Chem. Stud. J.</strong>, is an open-access journal and published by the Bachelor Degree Program of Chemical Education, Mathematics and Science Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Mulawarman University, Indonesia. The publishing frequency is two issues per year (June and December) and it welcomes articles (in English or in Indonesian) of research results and review or short communication in the area of chemical education, chemistry, and others in-depth analysis of relevant issues in chemical education and chemistry disciplines. This journal is free submission charge, IDR 300,000 (USD 30.00) for publication fee (each published articles), and a waiver policy for charges is possible for authors who have a lack of funding especially for the author from a developing country.</em></p> <p><strong><em>Bivalen: Chemical Studies Journal</em> </strong>(e-issn: 2615-8426; p-issn: 2615-8418), disingkat <strong><em>Biv. Chem. Stud. J.</em></strong>, adalah jurnal <em>open-access </em>dan dipublikasikan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia. Frekuensi publikasi terdiri 2 isu (nomor) per tahun (Juni dan Desember) dan menerima artikel (dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia) hasil penelitian dan <em>review</em> atau <em>short communication</em> pada bidang pendidikan kimia, kimia, dan bidang lain yang mengkaji secara dalam isu-isu terkait pendidikan kimia dan kimia. Jurnal ini <em>free submission</em> <em>charge</em> (bebas biaya submit), Rp. 300.000 (US$ 30.00) untuk biaya publikasi (setiap artikel yang diterbitkan) dan <em>waiver policy for charges</em> dimungkinkan bagi penulis yang memiliki keterbatasan pendanaan khususnya dari penulis yang berasal dari negara berkembang.</p>https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bivalen/article/view/4909Video pembelajaran kimia: media untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik2025-05-20T07:28:43+08:00Nadia Nadiaits.nadia82@gmail.comNasya Hikmatul RabiahSyaaaaj386@gmail.comIndah Nurainiindahh.n777@gmail.comRindiani Dwi Saputririndiani1934@gmail.comSukemi Sukemikekem.basri@gmail.comFitriah Khoirunnisafitriahk@umrah.ac.id<p>Pembelajaran kimia di sekolah sering kali dianggap sangat sulit dikarenakan materinya yang abstrak jika dijelaskan dengan monoton dan lisan saja. Pendidik memerlukan bantuan media yang tepat agar peserta didik dapat memahami materi menjadi lebih mudah. Literatur review ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis berbagai literature review mengenai penggunaan video pembelajaran dalam pendidikan kimia yang sering dianggap rumit dan abstrak oleh banyak peserta didik. Melalui metode <em>narrative literature review</em>, artikel ini mengkaji berbagai literatur yang menunjukkan bagaimana video pembelajaran dapat mempermudah pemahaman konsep kimia yang kompleks. Video pembelajaran sebagai media audiovisual, tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Ditemukan bahwa penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Dengan visualisasi yang menarik dan penyajian yang interaktif, video pembelajaran mampu menjembatani kesenjangan antara konsep abstrak kimia dan pemahaman konkret peserta didik. Berdasarkan literatur review yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berperan positif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia.</p>2025-08-06T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Nadia Nadia, Nasya Hikmatul Rabiah, Indah Nuraini, Rindiani Dwi Saputri, Sukemi Sukemi, Fitriah Khoirunnisahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bivalen/article/view/4839Aktivitas antioksidan ekstrak etanol daging buah rambutan hitam (Nephelium ramboutan-ake) dengan metode DPPH, ABTS dan FRAP2025-06-23T12:58:00+08:00Lizma Febrinalizma@farmasi.unmul.ac.idRolan Ruslilizma@farmasi.unmul.ac.idErwin Samsullizma@farmasi.unmul.ac.idArman Rusmanlizma@farmasi.unmul.ac.idWidiastuti Agustina Eko Setyowatilizma@farmasi.unmul.ac.id<p>Rambutan hitam atau maritam (<em>Nephelium ramboutan-ake</em>) merupakan tumbuhan tropis khas Kalimantan Timur. Tumbuhan ini tumbuh liar dihutan-hutan Kalimantan. Secara empiris, masyarakat setempat menggunakan buah rambutan hitam untuk pengobatan kanker. Namun demikian, penelitian ilmiah mengenai rambutan hitam masih sangat terbatas. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas antioksidan dari buah rambutan hitam dengan menggunakan metode DPPH, ABTS, dan FRAP. Analisis aktivitas antioksidan dilakukan secara kolorimetri menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang tertentu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ekstrak etanol daging buah rambutan hitam memiliki aktivitas antioksidan dengan kategori kuat baik dianalisis menggunakan metode DPPH (IC<sub>50</sub> = 32,51 ± 0,21 mg/L), ABTS (IC<sub>50</sub> = 30,04 ± 0,31 mg/L), dan FRAP (EC<sub>50</sub> = 34,22 ± 0,17 mg/L). Aktivitas antioksidan yang kuat dari rambutan hitam menggambarkan potensi yang besar dari rambutan hitam dalam mengurangi dampak negatif radikal bebas. Adapun aktivitas antioksidan buah rambutan hitam dilaporkan pertama kali pada tulisan ini.</p>2025-08-06T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Lizma Febrina, Rolan Rusli, Erwin Samsul, Arman Rusman, Widiastuti Agustina Eko Setyowati