Sejarah Penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang

  • Rahmat Hidayat Universitas Mulawarman
  • Warman Warman Universitas Mulawarman
  • Muhamad Sopyan Universitas Mulawarman
Keywords: Penyiaran Islam, Masjid, Kampung Masjid

Abstract

 

Rahmat Hidayat, 2019. Sejarah Penyiaran Islam di Kampung Masjid di Samarinda Seberang. Dibimbing oleh Dr. Warman, M.Si selaku pembimbing I dan Muhamad Sopyan, M.Pd. selaku pembimbing II.

            Pembahasan mengenai sejarah penyiaran Islam di Kampung Masjid merupakan salah satu topik menarik yang dibahas dalam skripsi ini. ada beberapa poin yang membuat penulis tertarik untuk mengangkat judul penelitian ini pertama, Penyebaran Islam di Kampung Masjid berasal dari wilayah Sulawesi dan daerah kesultanan Kutai Kartanegara. Kedua, Agama Islam adalah agama yang baru di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Sehingga membuat penulis tertarik untuk membahas mengenai proses perjalanan misi ini.

            Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskrispikan sejarah penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Untuk mendiskripsikan peran masjid Shirotal Mustaqiem sebagai syiar Islam yang ada di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Penelitian ini difokuskan pada tiga masalah Sejarah penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Peran masjid Shirotal Mustaqiem sebagai media syiar Islam.

            Jenis Penelitan Sejarah. Fokus penelitiannya Sejarah Penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Peran Masjid yang ada di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kritik sumber yaitu kritik ekstren dan kritik intern. Interpretasi dan Historiografi.

            Hasil penelitian penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang diperoleh data bahwa penyiaran Islam dibawa oleh seorang Ulama yang berasal dari Hadramaut Yaman. Dan Masjid Shirotal Mustaqiem sebagai wadah penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang yang digunakan sebagai tempat peribadatan dan juga merayakan hari-hari besar Islam.

 

Kata Kunci: Penyiaran Islam, Masjid, Kampung Masjid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. M. Ridwan Tasa Dkk. Kilas Sejarah Masjid Shirathal Mustaqiem Samarinda

Ridwan dkk. 2015. Pendidikan Agama Islam (Menyongsong Generasi Emas Muslim Indonesia).

Azmi, M. (2017). Islam di Kalimantan Selatan pada Abad Ke-15 sampai Abad Ke-17. Yupa: Historical Studies Journal, 1(1), 38-47.

As' ad, M. (2016). Masjid Tua Shirathal Mustaqiem Samarinda: Fenomena Dahsyatnya Kekuatan Spiritual. Al-Qalam, 19(2), 265-274.

Published
2022-06-30
How to Cite
Hidayat, R., Warman, W., & Sopyan, M. (2022). Sejarah Penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(1), 9-13. https://doi.org/10.30872/amt.v1i1.560
Section
Articles