PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KELAS VIII SMPN 21 SAMARINDA

  • Willyon Ferrari Willyon
  • Muhammad Sopyan Universitas Mulawarman
  • Muhammad Azmi Universitas Mulawarman
Keywords: Media Pembelajaran, permainan ular tangga, IPS, Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Media pembelajaran permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS, kelebihan dan kekurangan Media, Serta Faktor pendukung dan penghambat penerapan Media Permainan Ular Tangga. Dengan narasumber di antaranya Guru dan Siswa yang berjumlah 10 orang dengan 9 Siswa dan 1 guru. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Dari hasil penelitian penerapan media permainan ular tangga, tediri dari, guru membuat kartu soal, kemudian design dan papan permainan dibuat murid. Gambar yang dimasukkan dalam papan permainan adalah gambar yang berkaitan dengan konsep pembelajaran siswa di SMP. Media ular tangga dimainkan secara berkelompok yang dimana masing-masing kelompok sudah diatur sebelumnya. Kelebihan Media ini praktis, ekonomis, mudah dimainkan, dan dapat meningkatkan antusias siswa dalam pembelajaran. Kekurangannya yaitu siswa yang cenderung cepat bosan maka akan kehilangan minat untuk bermain. Faktor pendukungnya : Kesediaan siswa untuk membuat media permainan ular tangga, dalam penerapannya media permainan ular tangga cukup menggunakan ruangan kelas yang tidak terlalu besar, faktor penghambatnya: jam pelajaran yang tersedia tidak cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Adzan, M. A., Azmi, M., & Hakim, U. H. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Berau. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 40-48.

Azhari, M., Wingkolatin, W., & Azmi, M. (2022). Pemanfaatan Media Infografis Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Al-Khairiyah Samarinda. Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(1), 1-8.

Azmi, M., Marfuah, S., Zulfikar, Y. R., & Hendrina, H. KOMIK SEJARAH BERBASIS SUMBER PRIMER INSKRIPSI YUPA: STUDI PENDAHULUAN. Vidya Karya, 37(1), 1-8.

Djamaluddin,ahdar. (2014). Filsafat Pendidika. Jurnal Pendidikan dan pemikiran Islam, 1(2), 1-2.

Hanafy,Muh,Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembeljaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 2.

Hawra, D., Sopyan, M., & Marfuah, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Tenggarong. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(2), 70-86.

Lestari,Indah,Cahyani. (2021). Penerapan Media permainan ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar Mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 79-87.

Afandi,Rifki. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPSDI Sekolah Dasar. JINOP ( Jurnal Infomasi Pembelajaran ). 1(1), 77-89.

Rulianto, Rulianto. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter." Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 4.2, 127-134.

Setiawan, V., & Kusumawijaya, R. I. (2019). Pengembangan media evaluasi pembelajaran sejarah berbasis android di kelas X SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 15(1).

Susanti, Sri. (2018). Manfaat mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sejarah terhadap pembentukan moral peserta didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan 12.1 8-17

Febriani, Meli. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi)." Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7.1 61-66.

Ratri, S. Y. (2022). Digital Storytelling pada pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Pena Karakter, 4(2).

Permana, I. M. J., & Sujana, I. W. (2021). Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 1-9.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal pemikiran islam, 37(1).

Ferryka, P. Z. (2017). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Magistra, 29(100).

MZ, Y. Y. (2013). Pengembangan permainan ular tangga untuk kuis mata pelajaran sains sekolah dasar. Jurnal Teknik, 3(1).

Fandini, P., Sulatani, S., & Susanto, D. (2018). Layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMA PGRI 2 Banjarmasin tahun ajaran2017/2018. Jurnal Mahasiswa BK An- Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 13-20.

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.

Duludu, U. A. (2017). Buku ajar kurikulum bahan dan media pembelajaran pls.

Deepublish.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Yudistira, A. I., Wingkolatin, W., & Sopyan, M. (2022). PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X IPS I DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA . Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(2). https://doi.org/10.30872/amt.v1i2.1145

Published
2023-06-30
How to Cite
Willyon Ferrari, Muhammad Sopyan, & Azmi, M. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KELAS VIII SMPN 21 SAMARINDA. Amarthapura: Historical Studies Journal, 2(1). https://doi.org/10.30872/amt.v2i1.2818
Section
Articles