PERANAN GURU SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALISME DI SMA AL – KHAIRIYAH SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peran peran guru dalam pembentukan karakter nasionalisme pada peserta didik melalui pembelajaran sejarah.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peranan dan kendala guru sejarah dalam menerapkan pembelajaran sejarah yang berbasis pembentukan karakter nasionalisme di SMA Al –Khairiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Hasil penelitian ini adalah peran guru sejarah sebagai fasilitator dalam mengintegrasikan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, Guru sejarah menyampaikan nilai atau makna dari setiap materi pelajaran kepada peserta didik untuk dikaitkan dengan kehidupan saat ini serta menjadikannya sebagai pedoman atau pelakaran hidup saat ini dan masa yang akan datang.
Downloads
References
Abutalip, D., Yesbossyn, M., Pertiwi, F. D., Suleimen, S. B., & Kassymova, G. K. (2023). Career guidance for Generation Z: modern methods of professional orientation in a stress Period. Challenges of Science.–2023.–Issue VI, 15-21.
Azmi, M., & Marfuah, S. Karakter Pemimpin Generasi Milenial: Survei Mahasiswa Pendidikan Sejarah. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 1, pp. 184-193).
Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter, dalam Jurnal Paramita. 22(1).
Ismaun. (2001). Paradigma Pendidikan Sejarah yang Terarah dan Bermakna. Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(4).
Lestari, Sri Uji; Saraswati, Ufi; Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(2), 205–215.
Rifa’i, A. (2012). Psikologi Pendidikan. Unnes Press.
Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527
Widodo, S. (2011). Implementasi Bela Negara untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(1).
Yudistira, A. I., Wingkolatin, W., & Sopyan, M. (2022). PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X IPS I DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA . Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(2), 71-79.
Copyright (c) 2023 Ariyani Ratnasari, Jamil, Sainal A
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.