PERANAN GURU SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALISME DI SMA AL – KHAIRIYAH SAMARINDA

  • Ariyani Ratnasari Universitas Mulawarman
  • Jamil Universitas Mulawarman
  • Sainal A
Keywords: Pembelajaran Sejarah, Nasionalisme, Nilai Karakter, Samarinda

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peran peran guru dalam pembentukan karakter nasionalisme pada peserta didik melalui pembelajaran sejarah.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peranan dan kendala guru sejarah dalam menerapkan pembelajaran sejarah yang berbasis pembentukan karakter nasionalisme di SMA Al –Khairiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Hasil penelitian ini adalah peran guru sejarah sebagai fasilitator dalam mengintegrasikan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, Guru sejarah menyampaikan nilai atau makna dari setiap materi pelajaran kepada peserta didik untuk dikaitkan dengan kehidupan saat ini serta menjadikannya sebagai pedoman atau pelakaran hidup saat ini dan masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ariyani Ratnasari, Universitas Mulawarman

Program Studi Pendidikan Sejarah

References

Abutalip, D., Yesbossyn, M., Pertiwi, F. D., Suleimen, S. B., & Kassymova, G. K. (2023). Career guidance for Generation Z: modern methods of professional orientation in a stress Period. Challenges of Science.–2023.–Issue VI, 15-21.

Azmi, M., & Marfuah, S. Karakter Pemimpin Generasi Milenial: Survei Mahasiswa Pendidikan Sejarah. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 1, pp. 184-193).

Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter, dalam Jurnal Paramita. 22(1).

Ismaun. (2001). Paradigma Pendidikan Sejarah yang Terarah dan Bermakna. Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(4).

Lestari, Sri Uji; Saraswati, Ufi; Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(2), 205–215.

Rifa’i, A. (2012). Psikologi Pendidikan. Unnes Press.

Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527

Widodo, S. (2011). Implementasi Bela Negara untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(1).

Yudistira, A. I., Wingkolatin, W., & Sopyan, M. (2022). PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X IPS I DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA . Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(2), 71-79.

Published
2023-06-30
How to Cite
Ratnasari, A., Jamil, & Sainal A. (2023). PERANAN GURU SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALISME DI SMA AL – KHAIRIYAH SAMARINDA. Amarthapura: Historical Studies Journal, 2(1). https://doi.org/10.30872/amt.v2i1.1649
Section
Articles