Perkembangan Sekolah Menengah Atas/Atau Sederajat di Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (2012-2020)

  • A. Nur Fadilla Universitas Mulawarman
  • Jamil Jamil Universitas Mulawarman
  • Siti Marfuah Universitas Mulawarman
Keywords: Perkembangan sekolah, Sangatta Utara, Kalimantan Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perkembangan SMA/Sederajat di Kecamatan Sangatta Utara (2012-2020). 2) faktor pendukung dan penghambat perkembangan SMA/Sederajat di Kecamatan Sangatta Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Kecamatan Sangatta Utara. Sumber data data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perkembangan SMA/Sederajat di Kecamatan Sangatta Utara pada tahun 2012-2020: 1) Pertama, berakreditasi A (unggul), B (baik), dan C (cukup). Kedua, sarana prasarana SMA/Sederajat Negeri lebih berkembang dibandingkan SMA/Sederajat Swasta. Ketiga, kondisi peserta didik, tenaga pendidik, dan semakin meningkat baik dalam jumlah partisipasi siswa, tenaga profesional tenaga pendidik, maupun kebutuhan atas tenaga kependidikan. Keempat, dana utama berasal dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Kelima, kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP (2006), dan kurikulum 2013. 2) Secara umum faktor pendorong dan penghambat perkembangan SMA/Sederajat di Sangatta Utara dipengaruhi oleh: lokasi sekolah, kondisi sarana prasarana, kondisi tenaga pendidik dan kependidikan, kepemimpinan, serta pendanaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

A. Nur Fadilla, Universitas Mulawarman

Program Studi Pendidikan Sejarah

References

Ahyuningsih, U., Setiawan, M. W., & Wadi, S. (2017). Sekolah Menengah Atas, Dari Masa Ke Masa. Jakarta Selatan: Direktorat Pembinaan SMA, 224.
Alawiyah, F. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia: Islamic School
Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1256
Ardilasari, H. E. (2019). Landasan Pendidikan Pentingnya Standar Proses Pendidikan, Model Pembelajaran dan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Arie Wibowo Khurniawan, S.Si., M. A. (2015). SMK Dari Masa ke Masa. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta Pusat: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 7–11.
Arie Wibowo Khurniawan, S.Si., M. A. (2015). SMK Dari Masa ke Masa.
Basri, M. S. 2006. Metodologi Penelitian Sejarah. Jakarta: Restu Agung.
Chairiyah, Y. (2021). Sejarah perkembangan sistem pendidikan madrasah sebagai lembaga pendidikan islam. 2, 48–60.
Dino Rozano. (2010). Menggagas Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Saung Guru, 1(2), 51–65.
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 7–11.
Education in Indonesia. Jurnal Aspirasi, 5(1), 51–58. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449
Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720
Hilmi Mizani, H. (2013). PENDIDIKAN MADRASAH (Kebijakan dan Sistem Madrasah di Indonesia). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2).
Horohiung, V. (2016). Pendidikan Formal Era Hindia Belanda di Kepulauan Sangihe Pada tahun 1848 †1945. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 54–67. https://doi.org/10.21009/jps.052.05
Koestoro, B. (2012). Karakteristik Pendidikan Dasar (SD dan SMP) di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 42–64. https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.617
Kurikulum, P., Sma, D. I., & Ma, D. A. N. (2014). Penerapan Kurikulum 2013. . . (Adinata Rusmen Idris). 2013.
Lubis, A. (2013). Pelaksanaan Standar Nasional dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 1–17.
Muna, K. (2016). HISTORICAL EDUCATION Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah Edisi Volume 1 Nomor 1, April 2016. 1(April), 127–139.
Novrian Satria Perdana, M.E, Meni Handayani, M.Si, & Joko Purnama, M.Si. 2020. Analisis hubungan jumlah rombongan belajar dan jumlah peserta didik per rombongan belajar dengan mutu lulusan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pranoto, S. 2010. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu Hamid Tirtaraharja dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pratono, W Suharto. 2010. Teori Dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645.
Prayudi, G., & Salindri, D. (2015). Pendidikan Pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda Di Surabaya Tahun 1901-1942 (Education on Dutch Government in Surabaya At 1901-1942). Publika Budaya, 3(1), 20–34. https://core.ac.uk/download/pdf/290559825.pdf.
Rahardjo, M. (2018). Studi Heuristik dalam Penelitian Kualitatif. 2.
Rahmat, A. (2013). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan aplikasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Siregar, N., & Ratnaningsih, N. (2019). Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan P- ISSN 2476-9312 E- ISSN 2614-5790 STANDAR PROSES PENDIDIKAN NASIONAL : IMPLEMENTASI DAN ANALISIS TERHADAP KOMPONEN.
Sudarsono, S. (2018). Kebijakan Pendidikan Islam di Madrasah (Pra dan Pasca SKB 3 Menteri Tahun 1975 dan dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003).
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Sukmana, W. J. (2021). Metode Penelitian Sejarah (Metode Sejarah). Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–4.
Syamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak. Daliman, A. 2012. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Wahyuningsih, U., Setiawan, M. W., & Wadi, S. (2017). Sekolah Menengah Atas, Dari Masa Ke Masa. Direktorat Pembinaan SMA, 224.
Yahaya, Sani Abdullah. 2003. Mengurus Sekolah. Malaysia: PTS Professional Publishing Sdn. Bhd.
Published
2023-12-31
How to Cite
Fadilla, A. N., Jamil, J., & Marfuah, S. (2023). Perkembangan Sekolah Menengah Atas/Atau Sederajat di Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (2012-2020). Amarthapura: Historical Studies Journal, 2(2). https://doi.org/10.30872/amt.v2i2.1159
Section
Articles