PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X IPS I DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA

  • Armenda Indrawan Yudistira UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • Wingkolatin Wingkolatin Universitas Mulawarman
  • Muhamad Sopyan Universitas Mulawarman
Keywords: pemanfaatan e-learning, pembelajaran sejarah, MAN 2 Samarinda

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan perencanaan, proses dan

evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan E-Learning Madrasah di kelas X IPS I.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif peneliti melakukan

observasi secara langsung ke sekolah dan melakukan wawancara dengan beberapa

narasumber. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah (Guru sejarah dan siswa

Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda) dan teknik pengumpulan data yang

digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian

menunjukan bahwa: (1) Perencanaan yang disusun guru dalam melangsungkan

kegiatan pembelajaran daring ini tentu saja guru menyiapkan program tahunan,

program semester, RPP daring. bahkan untuk media pembelajaran yang digunakan

oleh guru berupa power point dan gambar, (2) Pada proses pembelajaran E-Learning

Madrasah sangat membantu dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 di MAN 2

Samarinda karena fitur dalam platform sangat mendukung kegiatan belajar

mengajar, (3) Pada tahap evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan E-Learning

Madrasah sudah cukup baik, guru melakukan evaluasi penilaian seperti biasa yaitu

penilaian kognitif dan afektif yang diamati oleh guru secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Adzan, M. A., Azmi, M., & Hakim, U. H. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Berau. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 40-48.

Azmi, M. (2016, January). Pengembangan Mobile Learning Sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.

Cucus, Ahmad, and Yuthsi Aprilinda. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis

Multimedia Untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem

informasi dan telematika 7(1).

Fitrah, M. dan Ruslan, 2021. Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran

di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), pp.178–187.

Helaludin & Hengki Wijaya. 2019. Analisis data kualitatif sebuah tinjauan, teori dan

praktik: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.

https://books.google.co.id/books?idlf7ADwAAQBAJ&printsec=frontcovr&dq=analos

is+data+kualitatig&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiv2NPpJnpAhWLdn0KHZFcAfMQ6A

EIKTAA#v=onepage&q=analosis%20data%kualitatig&f=false (diakses pada tanggal

April 2020, pukul 13.25 WIB).

Hidayati, Ririn Eva. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan E-Learning

Madrasah Di masa Covid- 19. Jawa Timur: Jurnal Diklat Keagamaan

Hikmah, Shofaul. 2020. Pemanfaatan E-learnig Madrasah Dalam Pelaksanaan

Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Di MIN 1 Rembang. Jawa Tengah: Jurnal

Pendidikan Dan Pelatihan.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., dan Putra, D. A., 2020. Analisis Efektivitas

Kusumawijaya, R. I., Novianti, I., & Wibowo, T. U. S. H. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Program Magang dan Aplikasinya dalam Pendidikan Sejarah. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 1-13.

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review

Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), pp.1–8

Kurniasih, Imas. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Manzalati, Asfi. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma, Metode dan

Aplikasi) Universitas Brawijaya: UB Press.

Moleong, Lex J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Multyaningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Nugroho, Atmoko. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis

Web. Jurnal Transformatika 9(2): 72.

Oktavian, R. dan Aldya, R.F., 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di

Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2),

pp.129–135

Setiawan, V., & Kusumawijaya, R. I. (2019). Pengembangan media evaluasi pembelajaran sejarah berbasis android di kelas X SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 15(1)

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis.

Yogyakarta: Suaka Media

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugono, D., Sugiyono, Maryani, Y., Qodratillah, M.T., 2008. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta, pp.1-1490

Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Triyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Zuhri, M.Tajudin, Budie Agung, Khalid Ramdhani, 2020. Keefektifan Pemanfaatan

Aplikasi E-Learning Madrasah Selama Masa Pandemi Covid 19. Jawa Barat: Jurnal

At-Ta’dib

Published
2022-12-31
How to Cite
Yudistira, A. I., Wingkolatin, W., & Sopyan, M. (2022). PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X IPS I DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA . Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(2), 71-79. https://doi.org/10.30872/amt.v1i2.1145
Section
Articles