PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X IPS I DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan perencanaan, proses dan
evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan E-Learning Madrasah di kelas X IPS I.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif peneliti melakukan
observasi secara langsung ke sekolah dan melakukan wawancara dengan beberapa
narasumber. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah (Guru sejarah dan siswa
Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda) dan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: (1) Perencanaan yang disusun guru dalam melangsungkan
kegiatan pembelajaran daring ini tentu saja guru menyiapkan program tahunan,
program semester, RPP daring. bahkan untuk media pembelajaran yang digunakan
oleh guru berupa power point dan gambar, (2) Pada proses pembelajaran E-Learning
Madrasah sangat membantu dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 di MAN 2
Samarinda karena fitur dalam platform sangat mendukung kegiatan belajar
mengajar, (3) Pada tahap evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan E-Learning
Madrasah sudah cukup baik, guru melakukan evaluasi penilaian seperti biasa yaitu
penilaian kognitif dan afektif yang diamati oleh guru secara daring.
Downloads
References
Al Adzan, M. A., Azmi, M., & Hakim, U. H. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Berau. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 40-48.
Azmi, M. (2016, January). Pengembangan Mobile Learning Sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Cucus, Ahmad, and Yuthsi Aprilinda. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis
Multimedia Untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem
informasi dan telematika 7(1).
Fitrah, M. dan Ruslan, 2021. Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran
di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), pp.178–187.
Helaludin & Hengki Wijaya. 2019. Analisis data kualitatif sebuah tinjauan, teori dan
praktik: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.
https://books.google.co.id/books?idlf7ADwAAQBAJ&printsec=frontcovr&dq=analos
is+data+kualitatig&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiv2NPpJnpAhWLdn0KHZFcAfMQ6A
EIKTAA#v=onepage&q=analosis%20data%kualitatig&f=false (diakses pada tanggal
April 2020, pukul 13.25 WIB).
Hidayati, Ririn Eva. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan E-Learning
Madrasah Di masa Covid- 19. Jawa Timur: Jurnal Diklat Keagamaan
Hikmah, Shofaul. 2020. Pemanfaatan E-learnig Madrasah Dalam Pelaksanaan
Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Di MIN 1 Rembang. Jawa Tengah: Jurnal
Pendidikan Dan Pelatihan.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., dan Putra, D. A., 2020. Analisis Efektivitas
Kusumawijaya, R. I., Novianti, I., & Wibowo, T. U. S. H. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Program Magang dan Aplikasinya dalam Pendidikan Sejarah. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 1-13.
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review
Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), pp.1–8
Kurniasih, Imas. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Manzalati, Asfi. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma, Metode dan
Aplikasi) Universitas Brawijaya: UB Press.
Moleong, Lex J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Multyaningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Nugroho, Atmoko. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis
Web. Jurnal Transformatika 9(2): 72.
Oktavian, R. dan Aldya, R.F., 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di
Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2),
pp.129–135
Setiawan, V., & Kusumawijaya, R. I. (2019). Pengembangan media evaluasi pembelajaran sejarah berbasis android di kelas X SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 15(1)
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis.
Yogyakarta: Suaka Media
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugono, D., Sugiyono, Maryani, Y., Qodratillah, M.T., 2008. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta, pp.1-1490
Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Triyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.
Zuhri, M.Tajudin, Budie Agung, Khalid Ramdhani, 2020. Keefektifan Pemanfaatan
Aplikasi E-Learning Madrasah Selama Masa Pandemi Covid 19. Jawa Barat: Jurnal
At-Ta’dib
Copyright (c) 2022 Armenda Indrawan Yudistira, Wingkolatin Wingkolatin, Muhamad Sopyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.