Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva <p align="justify"><strong>Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies</strong> (e-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1533279766" target="_blank" rel="noopener">2622-6022</a>) is an open-access journal, published twice a year in April and October, managed by the Department of Indonesian Language and Literature Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman. <strong>Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies</strong> accepts research articles related to language, literature, and language and literature education, whose data are from the local languages in Indonesia, Indonesian languages, and foreign languages.</p> <p align="justify">For the author interested in submitting the manuscript, kindly <a href="https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/user/register?source=">­<strong>register</strong></a>&nbsp;yourself. The author guidelines can be viewed it&nbsp;<a href="https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/authorguidelines"><strong>here</strong></a>, and the manuscript template can be downloaded&nbsp;<strong><a href="https://docs.google.com/document/d/1BU46t-hOLqab55m1x3kccfTs6n30eK8g/edit?usp=sharing&amp;ouid=101843601182385414349&amp;rtpof=true&amp;sd=true">here</a></strong>. Already have a username/password for <strong>Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies</strong>? Go to the&nbsp;<strong><a href="https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/login">login page</a>,&nbsp;</strong>or you can go to the&nbsp;<a href="https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/user/register?source="><strong>Signup page</strong></a>&nbsp;if you did not register yet.</p> <p align="center">&nbsp;</p> en-US adjektivajournal@fkip.unmul.ac.id (Kukuh Elyana) adjektivajournal@fkip.unmul.ac.id (Kukuh Elyana) Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik terhadap Kasus Korupsi pada Media Online detik.News https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/4098 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wacana dari teks berita mengenai kasus korupsi yang terdapat pada media online detik.News menggunakan analisis wacana kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah teks berita pada detik.News dengan judul <em>Penyuap Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba di Kasus Korupsi Segera Diadili </em>yang diterbitkan 4 Maret 2024. Teknik analisis data dilakukan dengan baca dan catat. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks berita mengenai kasus korupsi pada media online detik.News menggunakan struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Pada struktur mikro, topik dan subtopik&nbsp; sesuai dengan tema berita. Pada bagian superstruktur terdapat judul, situasi dan komentar yang terstruktur dan saling mendukung. Sedangkan pada struktur mikro ditemukan koherensi, kata ganti dan retoris. Dengan menggunakan analisis wacana kritis menggunakan model Teun A. Van Dijk ini kita dapat mengetahui kasus korupsi yang ada di media online detik.News yang penulisnya memiliki ideologi untuk memberikan informasi kepada pembaca atau masyarakat dengan sebenar-benarnya<strong>.</strong></p> Arini Vika Sari, Sofyan Pariyasto, Muhammad Sahrijal Marpaung Copyright (c) 2024 Arini Vika Sari, Sofyan Pariyasto, Muhammad Sahrijal Marpaung https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/4098 Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0000 Analisis Semiotik Riffaterre pada Puisi "Malinau" Karya Korrie Layun Rampan https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/2075 <p>Sebuah karya sastra dianggap sebagai sarana dan wadah imajinasi pengarang, sehingga objek sastra dihubungkan dengan pengarang, latar pengarang penciptaan, dan&nbsp; konvensi lain yang memungkinkan adanya makna. Makna pada puisi dapat mengungkapkan beragam bentuk ketandaan yang membutuhkan ketelitian. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bentuk makna heuristik, bentuk ketidaklangsungan ekspresi puisi, bentuk makna hermeneutik, bentuk matriks, model, dan varian, serta hipogram puisi. Sumber data penelitian diperoleh dari puisi “Malinau” dalam antologi puisi <em>Dayak! Dayak! Di manakah Kamu?</em> karya Korrie Layun Rampan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode padan ekstralingual dengan teknik dasar pilah sebagai pembeda referen dan metode agih dengan alat penentu yang berasal dari bagian bahasa itu sendiri yakni bait pada puisi “Malinau” dengan menerapkan teknik lanjutan jenis sisip. Pada proses analisis data digunakan pendekatan kajian semiotik Riffaterre. Penelitian ini memperoleh hasil berupa (1) makna heuristik puisi yang menceritakan perjuangan dan perasaan seseorang dalam melakukan pencarian; (2) ketidaklangsungan ekspresi puisi terdiri dari pergantian arti oleh adanya penggunaan berbagai gaya bahasa; penyimpangan arti akibat ambiguitas, kontradiksi, dan nonsense; penciptaan arti oleh penggunaan rima, enjambemen, dan tipografi; (3) makna hermeneutik puisi yang menggambarkan perasaan kegelisahan pencarian yang divisualisasikan dalam bentuk ungkapan kata-kata mengandung kiasan dan dituangkan seperti sebuah dinding yang mengeluarkan suara dan seperti burung laut yang terbang tak tahu arah; (4) matriks puisi ini adalah pencarian seseorang, model yang dinyatakan dengan pernyataan menanyakan seseorang dan varian puisi yang tertuang pada tiap bait pada puisi; (5) Hipogram potensial puisi ini berupa penjabaran matriks dan hipogram aktual berasal dari imajinasi pengarang saat berada di Palangkaraya serta teks yang berjudul Adam Berasal dari Borneo (Kajian Quran). Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pada puisi “Malinau” mengandung unsur-unsur semiotik Riffaterre.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><strong><em>Semiotik Riffaterre, Puisi, Korrie Layun Rampan.</em></strong></p> Bella Dwi Adinda Basri, Kukuh Elyana, Jaka Farih Agustian Copyright (c) 2024 Bella Dwi Adinda Basri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/2075 Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0000 Telaah Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Bahasa Indonesia Semester Ganjil MTs Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/2910 <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas soal Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Boyolali dari segitingkatan ranah kognitif berdasarkan KKO (Kata Kerja Operasional) pada taksonomi bloom edisi revisi atau pengembangan soal HOTS dan kesesuaian soal dengan materi, kontruksi, dan kebahasaan. Subjek penelitian ini berupa 35 soal pilihan ganda dan objeknya berupa kualitas butir soal. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif karena mendeskripsikan suatu objek/subjek penelitian dengan menggunakan instrumen metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelas pertanyaan memenuhi kriteria Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dari jumlah tersebut, tiga belas pertanyaan berada pada tingkat menganalisis (C4), dua pertanyaan pada tingkat mengevaluasi (C5), dan tidak ada pertanyaan pada tingkat mencipta (C6). Sementara itu, dari 31 pertanyaan yang tidak memenuhi kriteria HOTS atau masuk dalam kriteria Lower Order Thinking Skills (LOTS), delapan pertanyaan berada pada tingkat mengingat (C1), dua belas pertanyaan pada tingkat memahami (C2), dan enam belas pertanyaan pada tingkat menerapkan (C3). Setelah dihitung presentase, terdapat 18% pertanyaan yang memenuhi kriteria pengembangan HOTS, sedangkan 82% masuk dalam kriteria LOTS.</p> Misbahul Fatta Muhammad, Ahmad Sidqon Muafi, Ega Fernanda, Defri Setiawan Copyright (c) 2024 Misbahul Fatta Muhammad, Ahmad Sidqon Muafi, Ega Fernanda, Defri Setiawan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/2910 Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2022/2023 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/4269 <p>Pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila interaksi antar pendidik dan peserta didik berlangsung aktif serta tujuan yang diharapkan dapat tercapai dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Tercapainya tujuan pengajaran dapat dilihat melalui prestasi belajar yang dicapai. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah adalah motivasi. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk&nbsp; mencapai arah dan tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar teks eksposisi kelas X di SMAN 2 Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 2 Balikpapan tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 104 siswa. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana, diketahui nilai signifikansi sebesar 0,001 &lt; 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu diketahui nilai R <em>square</em> sebesar 0,112 maka dapat dikatakan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 11,2%, sedangkan 88,8% lainnya&nbsp; dipengaruhi&nbsp; oleh&nbsp; faktor&nbsp; lain. Hasil analisis deskriptif juga menunjukan bahwa motivasi belajar teks eksposisi siswa berada dalam kategori tinggi sebanyak 59%. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam pembelajaran teks eksposisi pada siswa kelas X adalah karena adanya dorongan dalam diri untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan teman yang lain, dan keinginan untuk mendapatkan <em>reward</em> atau hadiah dari orang tua masing-masing.</p> Fir'aina Urasyiqin, Endang Dwi Sulistyowati Copyright (c) 2024 Fir'aina Urasyiqin https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/4269 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 Analisis Nilai Budaya Pada Naskah Memanda Raja Sultan Aji Khalifah Umar Panglima Kumbang https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/4143 <p>Penelitian ini membahas nilai budaya dalam Naskah Memanda Kutai berjudul <em>Raja Sultan Aji Khalifah Umar Panglima Kumbang</em>. Kajian ini berfokus pada lima aspek nilai budaya: hubungan manusia dengan Tuhan, alam, masyarakat, orang lain, dan diri sendiri. Penelitian bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai budaya dalam naskah tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, pencatatan, dan analisis naskah. Hasil penelitian menunjukkan adanya representasi nilai budaya dalam cerita. Hubungan manusia dengan Tuhan tercermin melalui tokoh Raja yang patuh dan takut hanya kepada Allah SWT. Hubungan manusia dengan alam ditunjukkan oleh tokoh Hulubalang yang menggambarkan harmoni antara alam dan makhluk hidup. Hubungan manusia dengan masyarakat terlihat pada sifat Raja yang peduli terhadap rakyat tanpa membedakan status sosial. Hubungan manusia dengan orang lain tampak melalui tokoh Panglima Perang yang menunjukkan sikap tolong-menolong. Hubungan manusia dengan diri sendiri tercermin pada karakter Raja yang percaya diri, tegas, bertanggung jawab, dan taat kepada Tuhan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Naskah Memanda Kutai tidak hanya mencerminkan nilai-nilai budaya lokal, tetapi juga menyampaikan pesan moral universal yang relevan dalam kehidupan bermasyarakat, memperkaya wawasan tentang budaya Kutai.</p> Salma Lidya, Nina Queena Hadi Putri Copyright (c) 2024 Salma Lidya, Nina Queena Hadi Putri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/4143 Thu, 21 Nov 2024 00:00:00 +0000