Respon Calon Guru Fisika terhadap Physics Education Technology (PhET): Studi Kasus pada Mata Kuliah Termodinamika
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2331Keywords:
Respon Calon Guru Fisika, PhET, TermodinamikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon calon guru fisika terkait penggunaan simulasi PhET berbasis laboratorium virtual pada mata kuliah Termodinamika, khususnya materi bentuk dan perubahan energi. Angket diberikan kepada mahasiswa pendidikan fisika Universitas Mulawarman angkatan 2021 yang telah mengikuti praktikum termodinamika mengenai materi tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis, indikator tampilan PhET mendapatkan presentase sebesar 75% dengan kategori cukup baik. Indikator aksebilitas PhET mendapatkan presentase sebesar 71% dengan kategori cukup baik. Indikator substansi berbasis PhET mendapatkan presentase sebesar 75% dengan kategori cukup baik. Indikator isi materi mendapatkan presentase 77% dengan kategori baik. Indikator pemenuhan kebutuhan belajar mahasiswa mendapatkan presentase 79% dengan kategori baik. Indikator kemampuan materi dengan laboratorium virtual berbasis PhET mendapatkan presentase 73% dengan kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan simulasi PhET memberikan respon yang cukup baik dari calon guru fisika.
Downloads
References
Adams, W. K., Reid, S., Lemaster, R., Mckagan, S. B., Perkins, K. K., Dubson, M., & Wieman, C. E. (2008). A Study of Educational Simulations Part II-Interface Design. Journal of Interactive Learning Reseacrh, 551–557.
Al Furqan, B., Ratnawulan, Darvina, Y., & Sari, S. Y. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Materi Termodinamika dan Gelombang Mekanik Kelas XI MAN 2 Padang. Pillar of Physics Education, 12(4), 697–704.
Alfarizi, R., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran PhET Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28.
Danggu, J. R., Yusuf, M., & Paramata, D. D. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunkaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 158–165.
Dewa, E., Ursula, M., Mukin, J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. JARTIKA) |, 3(2), 351–359.
Dewi, Y. C., & Rasagama, I. G. (2022). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Praktikum Keseimbangan Menggunakan Aplikasi PhET Simulation. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(2), 94–100.
Diraya, I., Budiyono, A., & Triastutik, M. (2021). Contribution of Virtual Lab Phet Simulation to Help Basic Physics Practice. Jurnal Phenomenon, 11(1), 45–56.
Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, 1(2), 1–12.
Pujiyono, Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2016). Desain Pembelajaran dengan Menggunakan Media Simulasi PhET (Physics Education and Technology) pada Materi Medan Listrik. Unnes Physics Education Journal, 5(1), 70–81.
Purwanto, A. (2009). Penerapan Media Jejaring Sosial “Facebook” pada Mata Kuliah Termodinamika. Jurnal Exacta, VII(2), 49–55.
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.