Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar Sejarah Indonesia. PTK ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2017/2018 di kelas X Agama MAN 2 Banyuwangi. Dilaksanakan dengan tiga siklus, dengan prosedur: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Sebelum dlaksanakan PTK, rata-rata hasil belajar kelas sebesar 66, menunjukkan tidak tuntas belajar secara klasikal karena masih ada peserta didik yang mendapat nilai <65 sebanyak 8 peserta didik dengan persentase 19,04%, peserta didik yang medapat nilai 65-100 sebanyak 34 peserta didik dengan nilai persentase sebesar 80,9%. Setelah dilaksanakan PTK pada siklus 3, hasilnya menunjukkan secara klasikal, belajar peserta didik tuntas, karena peserta didik yang mendapat nilai 65-100 sebanyak 42 peserta didik dengan persentase 100%. Oleh karena itu, penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Kontekstual mampu meningkatkan hasil belajaran Sejarah Indonesia, kelas X Agama semester genap tahun ajaran 2017/2018 MAN 2 Banyuwangi.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, S. (1989). Prosedur Pnelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
- Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Balitbang.
- Depdikbud, (2001). Kurikulum Pendidikan Dasar: Kurikulum KTSP SD/MI Mata
- Pelajaran Bahasa Indonesia. Puskur Depdiknas: Jakarta.
- Djamarah, SB dan Zain, A. (2002). Strategi Belajara Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Kusmawan, U. (1998). Pengembangan Metode DDFK Problem Solving di SMU, Hasil studi. PSI-UT.
- Kartini., et.al. (2013). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas III SDN 08 Nanga Potai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 2, No 4 April 2013. e-ISSN :Â 2715-2723. Universitas Tanjung Pura. Diakses pada 27 Juli 2017, dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1756/0
- Pasaribu dan Simanjuntak. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
- Putera., Et. Al, (2015). Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal JSS (Jurnal Studi Sosial). Vol 3, No 2 (2015). ISSN 2089-9335. Diterbitkan Oleh Ikatan Keluarga. Alumni Dan Program S2 Pendidikan IPS. UNILA. Diakses pada 27 Juli 2017, dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/9450
- Rosyada, Dede. (2004). Paradikma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.
- Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
- Sudirman. N. (1991). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.