PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN BERPOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET SISWA SMP NEGERI 2 SAMARINDA

  • Muhammad Ramli Buhari
Keywords: Variasi pembelajaran berpola, dribbling, permainan bola basket

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar dribling bola dalam permainan bola basket melalui penerapan variasi pembelajaran pada siswa SMP Negeri 2 Samarinda. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Prosedur penelitian tindakan kelas meliputi tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (action), tahap observasi (observasion), dan tahap refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dilapangan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, kuesioner, lembar tes praktik, dan RPP. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Ketuntasan belajar klasikal yang harus dicapai pada mata pelajaran Penjas di SMP Negeri 2 Samarinda yaitu 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai sekurang-kurangnya 65 dan aktivitas belajar siswa dianggap tuntas apabila meningkat hingga 75%. Penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa SMP Negeri 2 Samarinda, hal ini dapat dilihat pada hasil belajar dribbling bola basket siswa dari siklus I memperoleh skor rata-rata 67,5%, dan siklus II memperoleh skor rata-rata 76,2%. Dari hasil data yang diperoleh melalui lembar pengamatan siswa dan lembar tes praktik, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 76,2%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung b.k dan Saptanto Hari Wibawa. 2014. Pelatihan Pengajaran Micro Teaching. Surakarta. Oase pustaka.
Adang Suherman. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.
Danny Kosasih. 2008. Fundamental Basketball, First Step To Win. Semarang: Karangturi Media, Yayasan Pendidikan Nasional Karangturi.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hartyani, Zsolt. 1994. Basketball for Everyone. Fourth Edition. Geneva, Switzerland; FIBA.
Imam Sodikun. 1992. Olahraga Pilihan Bola Basket. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Max Darsono, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oliver, Jon. 2007. Dasar-Dasar Bolabasket. Bandung: Pakar Raya.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo persada
Siti Nurrochmah, Supriayadi dan I Nengah Sudjana. 2009. Pengembangan Instrumen Tes Bolabasket Bagi Pemula. Jakarta : Asisten Deputi IPTEK Olahraga, Deputi Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga, Kemenpora R.I.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wissel, Hall. 2000. Basket Ball Step to Succes. Amerika: Raja Grafindo. Zainal.
Winaputra, Udin S. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2019-08-24
Section
Articles