Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Aktif Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas V SDN 024 Samarinda Utara

  • Gamar Al Haddar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Linda Marselina Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Metode Aktif Index Card Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu metode aktif tipe Index Card Match. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Adapun dalam tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V D SDN 024 Samarinda Utara yang berjumlah 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data yakni tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi.  Hasil analisis data pada siklus I terjadi peningkatan ke siklus II. Yaitu hasil rata-rata pada siklus I adalah 70,76 dengan ketuntasan 72%. Pada siklus ke II hasil rata-rata belajar siswa adalah 82,65 dengan ketuntasan 74%. Adapun aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu siswa memperhatikan penjelasan, aktif bertanya, aktif memberikan tanggapan, dapat mencari pasangan kartu dan dapat bekerja sama dengan kelompoknya. Berdasarkan analisis data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, S. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar. Dimyati, M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik : Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamid, M. (2005). Konsep Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murniati, E. (2007). Kesiapan Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Nuryanti. (2013). Pengertian Hasil Belajar Matematika Menurut Para akli. Retrieved from http://www.dewinuryanti.com/2013/01/pengertian-hasil-belajar-matematika-menurut-para-ahli.html. (25 Februari 2014)

Prihandoko. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Rahmawati, E. F. (2014). Penggunaan Metode Active Learning Tipe Index Card Match Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SDN Bangunkerto, Turi, Sleman.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shofia. (2008). Profesional Guru dan HUbungannya dengan Hasil Belajar. Retrieved from http://shofinabinloade.com2008/01. (25 Februari 2014)

Silberman, M. (2017). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sitanggang. (2005). Ensiklopedia Umum Untuk Pelajar. Jakarta: IKAPI.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Puskata Pelajar.

Suryana, P. F. dan A. (2012). Guru Profesional. Bandung: PT Refika Aditama.

Sutikno, M. S. (2014). Belajar dan Pembelajarn. Bandung: Prospect.

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Andi.

Wahidmurni. (2010). Evaluasi Pembelajaran : Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Wulandari, D. (2015). Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Hubungan Antara Keadaan Awan Dan Cuaca Pada Siswa Kelas III SDN Kedungmungal Mojokerto.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Published
2019-08-24
Section
Articles