Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan tradisional engklek dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 1 Anggana tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas kelas 2 SD Muhammadiyah 1 Anggana berjumlah 21 siswa. Desain penelitian yang digunakan One-grup pretest and posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t (t-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung=5,7>ttabel=1,725 artinya permainan tradisional engklek efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Keywords

Permainan Engklek Hasil Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Widyastuti, L. R., Malik, L. R., & Razak, A. (2020). Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 19-24. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.247

References

  1. Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian, cetakan 4 edisi 2. UNS Press.
  2. Frengky. (2008). Model pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, Vol. 35, No. 2, hlm. 152.
  3. Hasanah, N. I. dan Pratiwi, H. (2017). Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional. Aswaja Pressindo
  4. Kandir, N. (2017). 40 Arbain Penuntut Ilmu. Pustaka Syahab.
  5. Razak, A, dkk. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa SMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 4, No.2, hlm.216.
  6. Razak, A dan Rumainur. (2018). Efektivitas Penggunaan Multimedia Auto play Etnik Kalimantan Timur Terhadap Hasil Belajar Matematika SD Fastabiqul Khairat Kelas VI di Kota Samarinda. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, Vol. 2, No.1. Hlm 88.
  7. Savitri, R. I, dkk. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantung Biji Bilangan Pada Siswa Kelas I-A Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, Vol. 7, No.1, hlm. 61.
  8. Siregar, N, dan Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, No.2, hlm. 2.
  9. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  10. Suparman, E dan Agustini, D. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Bandung: PPPP TK dan PLB, hlm. 23-24.
  11. Yusri, A.Y dan Sari, M. (2017). Profile of Place Value Understanding Based on the Initial Mathematical Skills in III Class of 133Th Primary School of Takalala Soppeng. Jurnal Mosharafa, Vol. 6, No.1, hlm. 143.