Main Article Content

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat tentang etnomatematika berbasis suku Dayak dan untuk memberikan pengalaman kepada guru tentang pembelajaran matematika berbasis suku Dayak serta untuk mendapatkan gambaran bagaimana tanggapan guru-guru tentang etnomatematika. Pengabdian ini dilaksanakan melalui tahapan usulan sampai pelaporan yakni dari bulan Mei sampai dengan Oktober 2018. Lokasi kegiatan di SMP Negeri 1 Lingang Bigung Kutai barat yang terletak di Jalan Pelajar, Rt. VII Linggang Bigung. Metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan pemodelan. Ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan dan informasi tentang etnomatematika dilanjutkan dengan diskusi untuk mengidentifikasi budaya suku Dayak yang memuat konsep matematika. Kemudian dilanjutkan dengan pemodelan pembelajaran berbasis etnoma-tematika. Dengan kegiatan pengabdian ini diharapkan motivasi dan kemandirian belajar matematika meningkat dan kualitas pembelajaran semakian baik serta berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Keywords

Etnomatematika Pembelajaran Matematika

Article Details

How to Cite
Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111-118. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.146

References

  1. Budiarto, Mega Teguh. (2016). Etnomatematika Beberapa Budaya Nusantara: Sebagai Batu Pijakan Pembelajaran Geometri. Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Matematika XVIII 2-5 November 2016.
  2. Fujiati dan Mastur. (2014). Keefektifan Model Pogil Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes: Journal of Mathematics Education.
  3. Ismawanto. (2014). Pengembangan CD Interaktif Berbantuan Swishmax dengan Model Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Semester II. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. Vol 2. No. 2. Hal 527-534. ISBN 978-602-0960-00-5.
  4. Khoirin, Izza. (2017). Pengembangan Comic Math dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMP. FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang Jurnal Aksioma Vol 8 No.1 Juli 2017.
  5. Prabawati, Mega Nur. (2016). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 5, No. 1, Februari 2016.
  6. Reilly, Edel M. (2014). Superheroes in Math Class: Using Comics to Teach Diversity Awareness. International Journal work and days Vol. 32. No. 1&2. Hal 61-74.
  7. Sardjiyo dan Pannen. (2015). Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jurnal Pendidikan. 6(2), 2005.
  8. Suwarsono, S.T. 2015. Etnomatematika (Ethnomathematics). Bahan Presentasi. Program S2 Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
  9. Theresia Laurens. 2016. Analisis Etnomatematika dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Lemma Jurnal Ilmiah Vol III No. 1, Juni 2016. STKIP PGRI Sumatra Barat.