EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KEBUDAYAAN SUKU DAYAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 LINGGANG BIGUNG KUTAI BARAT

  • Ariantje Dimpudus Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman
  • Angela Carolina Huring Ding Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman
Keywords: Etnomatematika, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat tentang etnomatematika berbasis suku Dayak dan untuk memberikan pengalaman kepada guru tentang pembelajaran matematika berbasis suku Dayak serta untuk mendapatkan gambaran bagaimana tanggapan guru-guru tentang etnomatematika. Pengabdian ini dilaksanakan melalui tahapan usulan sampai pelaporan yakni dari bulan Mei sampai dengan Oktober 2018. Lokasi kegiatan di SMP Negeri 1 Lingang Bigung Kutai barat yang terletak di Jalan Pelajar, Rt. VII Linggang Bigung. Metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan pemodelan. Ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan dan informasi tentang etnomatematika dilanjutkan dengan diskusi untuk mengidentifikasi budaya suku Dayak yang memuat konsep matematika. Kemudian dilanjutkan dengan pemodelan pembelajaran berbasis etnoma-tematika. Dengan kegiatan pengabdian ini diharapkan motivasi dan kemandirian belajar matematika meningkat dan kualitas pembelajaran semakian baik serta berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10
How to Cite
Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KEBUDAYAAN SUKU DAYAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 LINGGANG BIGUNG KUTAI BARAT. Primatika, 8(2), 111-118. Retrieved from http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/146
Section
Articles