Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 002 Samarinda. Subjek penelitian ini adalah sis akelas V SDN 002 Samarinda yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model kemmis yang meliputi tahap perencanaan, pelak-sanaan tindakan, dan observasi serta refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan Teknik analisis data adalah data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I menunjukkan 40% dengan kriteria rendah. Setalah dilakukan perbaikan terjadi peningkatan pada siklus II, dan nilai rata-rata aktivitas siswa menunjukkan 65% dengan kriteria sedang. Pada siklus III, rata-rata aktivitas siswa 87% dengan kriteria tinggi. Peningkatan ini terjadi karena siswa selalu memperhatikan kelemahannya dan berusaha untuk memperbaiki pada tiap siklus. Peningkatan aktivitas siswa juga dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang menunjukkan persentase rata-rata siklus I sebesar 53%, siklus II sebesar 68%, dan siklus III sebesar 79%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika di kelas V SDN 002 Samarinda. Peningkatan aktivitas siswa meliputi aspek orientasi, merumuskan hipotesis sederhana, mengumpulkan data, dan merumuskan kesimpulan.

Keywords

Aktivitas Pembelajaran Hasil Belajar Siswa Model Inkuiri Terbimbing

Article Details

How to Cite
Haryaka, U. (2019). Peningkatan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas V SDN 002 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 83-92. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.143

References

  1. Alberta learning Center. (2004). Focus on Inquiry: A Teacher's Guide to Implementing Inquiry Based-Learning. (http://education.Alberta.ca/media/313361/focusoninquiry.pdf).
  2. Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Febriawan, Y.H. (2016). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN Balonggemek 1 Jombang: Jurnal Pendidikan Vol. 1, No. 9.
  6. Ika, J. Sumarti dan Widodo, A.T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy: Journal of Innovative Science Education Vol. 6, No. 1.
  7. Musetyo. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  8. Mulyasa, H.E. (2016). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Musfiqom. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.