Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMA

  • Lia Kumala Sari Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mohammad Siddik FKIP Universitas Mulawarman
  • Widyatmike Gede Mulawarman FKIP Universitas Mulawarman
Keywords: learning model, text writing lecture, high school

Abstract

Writing entitled Development of Text Writing Lesson Lecture with Problem Based Learning Model Combined Image Media for Students Class XI on High School aims to examine the development of learning text writing lecture with Problem Based Learning (PBL) learning model with the help of picture media in grade XI high school students. The scope of this development is limited only to planning, materials and evaluation in the learning process. The method used in this research is Research and Development (R & D), using development research design with ADDIE model, ie Analysis (stage), Design (Design) stage, Development stage, Implementation stage and Evaluation stage (evaluation). Source of data that became the object in this research is the students of class XI in SMA Negeri 8 PPU. The results of development are obtained based on two aspects: feasibility, practicality and effectiveness. So that data obtained the feasibility of 71%, practicality is 84%, 83% effectiveness. Overall the quality of teaching materials that are the product of this development is categorized as appropriate for the use of odd semester class XI students. The benefits of this development for Indonesian language teachers are expected to help as an alternative choice of text lecture lessons. For students, this development model can make students more creative, innovative, more productive. For the author itself is expected to be a means to deepen science. In addition, it is hoped that the results of development will be useful for the school as a useful source of information for the development of Indonesian language learning model.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengembangan pembelajaran menulis teks ceramah dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media gambar pada siswa kelas XI SMA. Ruang lingkup pengembangan ini dibatasi hanya pada perencanaan, materi dan evaluasi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yakni tahap Analysis (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi) dan tahap Evaluation (evaluasi). Sumber data yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 8 PPU. Hasil pengembangan diperoleh berdasarkan dua aspek, yaitu kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Sehingga diperoleh data hasil kelayakan, yaitu 71%, kepraktisan, yaitu 84%, keefektifan, yaitu 83%. Secara keseluruhan kualitas bahan ajar yang merupakan produk dari pengembangan ini dikategorikan layak untuk digunakan siswa kelas XI semester ganjil. Manfaat pengembangan ini bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia diharapkan dapat membantu sebagai salah satu alternatif pilihan pembelajaran teks ceramah. Bagi siswa, model hasil pengembangan ini dapat membuat siswa menjadi lebih kreatif, inovatif, lebih produktif. Bagi penulis sendiri diharapkan menjadi sarana untuk memperdalam ilmu pengetahuan. Selain itu, diharapkan hasil pengembangan nantinya bisa bermanfaat bagi sekolah sebagai sumber informasi yang bermanfaat bagi pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 75-88. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp75-88
Andayani. 2015. Problema dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Edisi Ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, P., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-112. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp101-112
Jones, V. F., & Jones, L. S. (1992). Comprehensive Classroom Management. America: The Unitated States of America
Kemdikbud. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.
Lestari, I. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia.
Nasution & Thomas, M. 2014. Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rohman, M., & Amri, S. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Septhin, K., Mulawarman, W. G., & Suhatmady, B. 2018. Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Ekposisi Siswa Kelaa XI SMK Negeri 9 Samarinda. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 89-100. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp89-100
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surono. 1987. Pemandu Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Sutikno, S. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.
Tarigan, H. G. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Prestasi.
Zainurrahman. 2013. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-02-28
How to Cite
Sari, L. K., Siddik, M., & Mulawarman, W. G. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 59-72. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.pp59-72