Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Siswa SMA

  • Sutriyati Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Widyatmike Gede Mulawarman FKIP Universitas Mulawarman
  • Yusak Hudiyono FKIP Universitas Mulawarman
Keywords: essay writing materials, local wisdom, learning project-based (LPB)

Abstract

The purpose of research for the development of teaching materials to write essays with local wisdom through PBP in grade XII high school students. The scope of this development is limited only to the development of teaching materials, development of learning tools and effectiveness in the learning process. The method used in this research is Research and Development (R & D), using development research design with Brog & Gall model that is stage (1) information gathering through preliminary study and student requirement analysis; (2) planning by making syllabus, RPP, teaching materials and evaluation tools; (3) early product development by making teacher teaching materials and student handles tested by maeri experts, media experts and design learning experts; (4) initial field trials conducted on 5 students; (5) piloting a large group field conducted on 10 students; (6) peer assessment of peer competence; (7) revision of major field trials by improving according to the advice given; (8) operational field trials conducted on one class with number of students as many as 34 peoples; (9) the final product in the form of teaching materials that have been tested and considered feasible. Source of data that become object in this research is student of class XII in SMA Negeri 9 Balikpapan. Development of teaching materials obtained by the material expert test results 82% declared feasible, 84% media expert test declared feasible, 85% design assessment test declared feasible, field test 72.3% small group declared good, field test of large group 79.6% expressed good. So as a whole the data obtained from the development of teaching materials declared eligible, the development of learning tools refers to the modified syllabus and RPP adapted to the learning activities, evaluation results provide improvements in students' skills in writing essays. Overall quality of teaching materials that are the product of this development are categorized eligible for use of class XII students even semester.

Tujuan penelitian untuk pengembangan bahan ajar menulis esai dengan kearifan lokal melalui PBP pada siswa kelas XII SMA. Ruang lingkup pengembangan ini dibatasi hanya pada pengembangan bahan ajar, pengembangan perangkat pembelajaran dan efektivitas dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model Brog & Gall yakni tahap: (1) pengumpulan informasi melalui studi pendahuluan dan analisis kebutuhan siswa, (2) perencanaan dengan membuat perencanaan silabus, RPP, materi, bahan ajar dan alat evaluasi, (3) pengembangan produk awal dengan membuat bahan ajar pegangan guru dan pegangan siswa yang diuji oleh ahli maeri, ahli media dan ahli desain pembelajaran, (4) uji coba lapangan awal yang dilakukan terhadap 5 orang siswa, (5) uji coba lapangan kelompok besar yang dilakukan terhadap 10 orang siswa, (6) penilaian kompetensi guru yang dilakukan oleh rekan sejawat, (7) revisi terhadap uji coba lapangan utama dengan memperbaiki sesuai saran yang diberikan, (8) uji coba lapangan operasional yang dilakukan pada satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, (9) produk akhir berupa bahan ajar yang sudah diujikan dan dianggap layak. Sumber data yang menjadi objek dalam penelitan ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 9 Balikpapan. Pengembangan bahan ajar diperoleh hasil uji ahli materi 82% dinyatakan layak, uji ahli media 84% dinyatakan layak, uji desain pembelajaran 85% dinyatakan layak, uji lapangan kelompok kecil 72,3% dinyatakan baik, uji lapangan kelompok besar 79,6% dinyatakan baik sehingga secara keseluruhan diperoleh data hasil pengembangan bahan ajar dinyatakan layak, pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada silabus yang sudah dimodifikasi dan RPP yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran, hasil evaluasi memberikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis esai. Secara keseluruhan kualitas bahan ajar yang merupakan produk dari pengembangan ini dikategorikan layak untuk digunakan siswa kelas XII semester genap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhdiah. 2001. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Atmazaki. 2006. Ilmu Sastra Teori dan Terapan. Padang: Angkasa Raya
Dewi, P., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda” dalam DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-112. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp101—112
Hake, R. 1997. Interactive-engagementversus traditional methods: A sixthousand student survey of mechanicstest data for introductory physics courses. Indiana University: Department of Physisc.
Hasanuddin, W. S. 2004. Ensiklopedi Sastra Indonesia. Bandung: Titian Ilmu.
Hidayatullah, F. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press & Yuma Pustaka.
Jalal, F. 2010. Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adi Cita.
Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA” dalam DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1—12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12
Koentjaraningrat, 1986. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.
Koentjaraningrat. 1984. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Lickona, T. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Mahirjanto. 2005. Kamus Lengkap bahasa Indonesia Masa Kini. Surabaya: Terbit Terang.
Muslich, M. 2011. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Naim, N. & Sauqi, A. 2010. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Yogyakarya: Ar-Ruzz Media.
Poerwadarminta, W. J. S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahardi, K. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Ramli, T. 2003. Pendidikan Karakter. Jakarta.
Ranem, R., Mulawarman, W., & Sulistyowati, E. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Debat dengan Metode Role Playing pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas” dalam DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 65—74. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp65-74
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Said, M. 2007. “Kearifan lokal dalam Sastra Bugis Klasik” dalam Procceding PEAT, Vol. 2, 21—22 Agustus 2007, hlm. 14—22.
Salam, B. 2002. Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sibarani, R. 2013. “Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal”. http://www.museum.pusaka-nias.org/2013/02/pembentukan-karakter-berbasis-kearifan.html. Diakses 9 Juni 2013.
Suastra, I. W. 2010. “Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal untuk Mengembangkan Komopetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP” dalam Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(2), 8—16.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukada, M. 2005. Pembinaan Kritik Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa.
Sutarno. 2008. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan.
Wahab, A. A. 2012. Pengelolaan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaedi. 2011. Disain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembanga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Zuchdi, dkk. 2010. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar” dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.
Published
2019-02-28
How to Cite
Sutriyati, Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Siswa SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.pp39-46