Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP

  • Dewi Adeninawaty Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Rahmat Soe'oed FKIP Universitas Mulawarman
  • Ahmad Ridhani FKIP Universitas Mulawarman
Keywords: learning model, discovery learning, think talk write, review text

Abstract

This study aims to determine (1) teacher teaching activities in applying Discovery Learning Think Talk Write (DL-TTW) learning models, (2) student learning activities in implementing the Discovery Learning Think Talk Write (DL-TTW) model, (3) increased motivation to learn to write text on student reviews in applying the Discovery Learning Think Talk Write (DL-TTW) Learning model, (4) improvement of learning outcomes writing text review in the application of the Discovery Learning Think Talk Write (DL-TTW) learning model. This research is a classroom action research with four stages including: planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were VIII B students of Al-Muhajirin Middle School in Muara Badak Kab. Kutai Kertanegara 2017/2018 school year, totaling 28 students. Data collection techniques used are observation, documentation, interviews, field notes and tests.Data validity in this study uses data source triangulation and method triangulation. The data analysis technique used is an interactive analysis model developed by Miles and Huberman which consists of four components, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study are 1) teacher teaching activities have increased by an average of 64.71% in cycle I and an average of 87.25% in cycle II, 2) student learning activities have increased with an average of 54.44% in cycle I and an average of 84.44% in cycle II, 3) student learning motivation has increased by an average of 53.83% in cycle I and an average of 84.19% in cycle II, 4) student learning outcomes have increased with an average of 52.38% in cycle I and an average of 84.52% in cycle II. It can be concluded that the implementation of the model with this learning strategy has increased.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kegiatan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Think Talk Write (DL-TTW), (2) aktivitas belajar siswa dalam menerapkan model Discovery Learning Think Talk Write (DL-TTW), (3) peningkatan motivasi belajar menulis teks pada ulasan siswa dalam menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Think Talk Write (DL-TTW), (4) peningkatan hasil belajar menulis ulasan teks dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning Think Talk Write (DL-TTW). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap termasuk: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa VIII B SMP Al-Muhajirin di Muara Badak Kabupaten Kutai Kertanegara tahun ajaran 2017/2018, berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan rata-rata 64,71% pada siklus I dan rata-rata 87,25% pada siklus II, (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 54,44% pada siklus I dan rata-rata 84,44% pada siklus II, (3) motivasi belajar siswa meningkat rata-rata 53,83% pada siklus I dan rata-rata 84,19% pada siklus II, (4) hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 52,38% pada siklus I dan rata-rata 84,52% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model dengan strategi pembelajaran ini telah meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bunga, Thahar, H. E., & Juita, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi TTW dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1), 63-74. Diperoleh dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/4984

Endah, T. P. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Erwinda, Darsikin, & Budiarsa, I M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kayumalue. Sain dan Teknologi Tadulako, 4(1), 59-65. Diperoleh dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JSTT/article/view/6929

Hamiyah, N. & Jauhari, M. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Wicaksono, H. H., Suharno, & Rukayah. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW). Didaktika Dwija Indria, 3(7). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/5954

Hopkins, D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocation Skill. Yogyakarta: Diva Press.

Iru, L. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Isnatun, S. & Farida, U. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudistira.

Kastiyawan, M., Hudiyono, Y., & Ahmad, M. (2017). Pengembangan Media Levidio Storyboard Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Film/Drama Pada Siswa Kelas XI SMK. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 3(1), 15-30. doi:10.30872/calls.v3i1.774

Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP Kelas VIII (Buku Siswa). Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Berbahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTS. Jakarta: Kemendikbud.

Keraf, G. (1994). Komposisi. Ende-Flores: Nusa Indah.

Mugianto, M., Ridhani, A., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Ilmu Budaya, 1(4), 353-366. Diperoleh dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/769

Muhsin. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Purba, A. & Rosmaini. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Negoisasi Siswa Kelas X SMAN 20 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Basastra, 4(1). Diperoleh dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/2707

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari Sy, F. M., Emidar, & Arief, E. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9562

Setiawati, I. (2016). Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif pada Siswa Kelas 4 dan 5: Studi Multikasus di MIN Rejotangan dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1), 107-127. doi:10.21274/dinamika.2016.16.1.107-127

Sudjana, N. (2014). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Statisitika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016a). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016b. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Uno, B. H. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Published
2018-08-30
How to Cite
Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 75-88. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp75-88