PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SAMARINDA

  • Paramita Candra Dewi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Yusak Hudiyono FKIP Universitas Mulawarman
  • Widyatmike Gede Mulawarman FKIP Universitas Mulawarman
Keywords: model pembelajaran discovery learning, bahan ajar, media audio visual

Abstract

This study aims to develop text learning materials to write complex procedures with learning discovery learning model using audio visual media (video). The research form used is research and development method (R&D). The design used in the research and development of this teaching material adopted from Borg and Gall design model. This development research was conducted in SMA. The result of validation of this teaching material proved to be valid with the average of validation of content (material) 82% said valid, validation of 100% validity of the linguist, and the validation result of the media expert on the 93% video assessment stated very valid and on the handbook rating 84% students stated very valid. The results of the class XI test of SMA showed 86% stated very valid. From the result of data analysis through t-test formula yield Thitung (13,68)> ttabel (1,703), so there is cognitive difference between before and after student use instructional material developed in book with learning discovery learning modeling using audio-visual media with material text of complex class XI procedures. Then the results of the development that has been done to improve student learning outcomes. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran discovery learning menggunakan media audio visual (video). Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development). Desain yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar ini mengadopsi dari model desain Borg and Gall. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMA. Hasil validasi bahan ajar ini terbukti valid dengan rata-rata dari validasi isi (materi) 82% meyatakan valid, hasil validasi ahli bahasa 100% menyatakan sangat valid, dan hasil validasi ahli media pada penilaian video 93% menyatakan sangat valid dan pada penilaian buku pegangan siswa 84% menyatakan sangat valid. Hasil ujicoba kelas XI SMA menunjukkan 86% menyatakan sangat valid. Dari hasil analisis data melalui rumus uji t-test menghasilkan Thitung (13,68) > ttabel (1,703), sehingga terdapat perbedaan kognitif antara sebelum dan sesudah siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dalam buku dengan pemodelan pembelajaran discovery learning menggunakan media audio visual dengan materi teks prosedur kompleks kelas XI. Maka hasil pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kosasih, Engkos. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. 1955. Cooperative Learning, Theory, Reserch and Practice. Boston: Allyn and Bacon

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi dan Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsini Arikunto. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2011. Media Pembelajaran dan Sastra Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Published
2018-08-30
How to Cite
Dewi, P., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SAMARINDA. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-112. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp101-112
Section
Article