Meningkatkan Teknik Dasar Passing dan Kontrol Sepak Bola Menggunakan Metode Drill di SMK TI Airlangga Samarinda

  • Agung Dwi Prasetya Universitas Mulawarman
  • Nurjamal Nurjamal Universitas Mulawarman
Keywords: metode drill, Sepak Bola, Passing Sepak Bola, Control Sepak Bola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing dan control bola pada peserta didik kelas XI TKJ/RPL SMK TI AIRLANGGA Samarinda tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah murid kelas XI TKJ/RPL SMK TI AIRLANGGA Samarinda tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 29 siswa. Sumber data untuk penelitian berasal dari murid dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes keterampilan, pengetahuan dan juga mengamati perilaku murid sebagai penilaian pada aspek sikap. Data analisis mengunakan teknik analisis deskriptif yang berdasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar passing dan control bola pada murid dari pra-siklus ke siklus satu dan dari siklus satu ke siklus dua. Dari analisis data diperoleh hasil siklus satu terjadi peningkatan hasil belajar passing dan control dalam sepak bola yang tuntas yaitu 71,52%. Sedangkan siklus dua peningkatan hasil belajar passing dan control dalam sepak bola sebesar 100% atau 29 murid yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar passing dan control bola dalam permainan sepak bola.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rohim. 2008. Brmain Sepak Bola. Semarang : CV Aneka Ilmu

Al-Hdiqie . 2013. Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional. Kota : Kata Pena

Arikunto, R. et al. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hanafy, M.S. 2014. “Konsep Belajar dan Pembelajaran”. Lentera pendidikan, Vol.17 No. 1 juni 2014. Hal.66-79

Mellius Ma’u, S.H. & J. Santoso. 2014. Teknik Dasar Berain Sepak Bola. Yogyakarta:Cakrawala

Saryono, 2008. “ Prinsip dan Aplikasi dalam Modifikasi Sarana dan Prasarana Penjas”. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol.4 No. 1 April 2008. Hal.44-45

Sudjana, N., 2012 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, A., 2014 Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Sumini, Tahun. “Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru” Sanata Dharma Yogyakarta, Vol. No. Hal.

Sutanto Teguh, 2016 Buku Pintar Olahraga: Yogyakarta : Baru Press

Sutikno, S.M., 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Tim Direktorat Pembinaan SMP, 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan, Jakarta:Kemendikbud

Yudianto. 2009. Teknik Bermain Sepak Bola & Futsal.Kota : Visi7

Published
2020-07-08
How to Cite
[1]
A. Dwi Prasetya and N. Nurjamal, “Meningkatkan Teknik Dasar Passing dan Kontrol Sepak Bola Menggunakan Metode Drill di SMK TI Airlangga Samarinda”, Borneo.phy.ed., vol. 1, no. 1, pp. 1-9, Jul. 2020.