Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in Microsoft Word file format.
  • Where available, DOI and URLs for the references have been provided.
  • The text is one and half-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
  • The manuscript is a report of original research or a review article or a shot communication on research topics in the area of chemical education, chemistry, and other in-depth analysis of relevant issues in chemical education and chemistry disciplines
  • I have carefully proofread my paper and I am confident that the standard of English and/or Indonesian is acceptable.
  • The submission is free from plagiarism and copyright infringement

Author Guidelines

Artikel harus ditulis secara berurutan setiap komponen-komponennya dan mengikuti aturan berikut: 

A. Komponen naskah artikel: research article dan penjelasannya

Judul artikel sekitar 20 kata, memberi gambaran tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Huruf kapital hanya huruf pertama pada kata pertama saja kecuali kata-kata dalam pengecualian PUEBI. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan diikuti dengan judul dalam bahasa Inggris di bawahnya. 

Penulis ditulis secara berurutan setelah judul dalam bahasa Inggris. di awali dengan penulis pertama, penulis kedua, dst. Jika penulis pertama bukan penulis korespondensi, maka nama penulis korespondensi ditulis paling akhir. Jika penulis lebih dari 1 orang dan berasal dari afiliasi yang berbeda, maka setelah nama penulis diberi angka superscript menunjukkan afiliasi penulis dan boleh lebih dari 1 afiliasi sesuai afiliasi tertulis setelah (di bawah) nama-nama penulis. Penulis korespondensi diberitanda dengan memberikan tanda bintang (*) superscript setelah nama atau angka superscript

Afiliasi penulis ditulis setelah (di bawah) nama-nama penulis, diawali dengan nama Program/Departemen/Unit/Laboratorium, Fakultas, Universitas, Kota, Provinsi, Kode Pos, Negara, dan surat elektronik (surel)/e-mail. Jika afiliasi para penulis lebih dari 1 (satu), maka sebelum afiliasi dituliskan angka superscript sesuai angka superscript yang diberikan pada para-penulis.

Surel dari penulis untuk korespondensi ditulis setelah (di bawah) afiliasi. Jika penulis lebih dari 1 (satu), sebelum surel diberi tanda bintang (*) superscript

Abstrak ditulis dalam bentuk paragraf maksimum 200 kata, berisikan tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Baris pertama pada abstrak tidak ditulis menjorok ke dalam. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan diikuti dengan abstrak dalam bahasa Inggris yang ditulis (di bawah) kata kunci. Sebelum paragraf abstrak ditulis (diberi) "Abstrak" di atasnya untuk abstrak dalam bahasa Indonesia dan "Abstract" untuk abstrak dalam bahasa Inggris.

Kata kunci/Keywords ditulis setelah paragraf abtsrak/abstract dan maksimum 5 kata kunci. Kata kunci adalah kata-kata penting terkait artikel yang belum dituliskan dalam judul. Setiap kata kunci dipisah dengan tanda titik koma (;) dan disusun berdasarkan urutan abjad.

Pendahuluan berisi: (1) permasalahan penelitian;  (2) wawasan dan rencana pemecahan masalah; (3) rumusan tujuan penelitian; (4) rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Pada bagian ini kadang-kadang juga dimuat harapan akan hasil dan manfaat penelitian.

Metode Penelitian menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan. Materi pokok bagian ini adalah:  (1) rancangan penelitian; (2) populasi dan sampel (sasaran penelitian); (3) teknik pengumpulan data dan pengembangan instrumen; (4) dan teknik analisis data. Untuk penelitian yang menggunakan alat dan bahan, perlu dituliskan spesifikasi alat dan bahannya. Spesifikasi alat menggambarkan kecanggihan alat yang digunakan sedangkan spesifikasi bahan menggambarkan macam bahan yang digunakan. Sebaiknya dihindari pengorganisasian penulisan ke dalam “anak sub-judul” pada bagian ini. Apabila ada anak sub judul maka cara penulisannya dapat dilihat pada bagian C.

Hasil dan Pembahasan merupakan bagian utama artikel hasil penelitian dan biasanya merupakan bagian terpanjang dari suatu artikel. Hasil penelitian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian  hasil  penelitian secara verbal. Tabel dan grafik harus diberi komentar atau dibahas.

Untuk penelitian kualitatif, bagian hasil memuat bagian-bagian rinci dalam bentuk sub topik-sub topik yang berkaitan langsung dengan fokus penelitian dan kategori-kategori.

Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian; (2) menunjukkan bagaimana temuan-temuan itu diperoleh; (3) menginterpretasi/ menafsirkan temuan-temuan; (4) mengaitkan hasil temuan penelitian dengan struktur pengetahuan yang telah mapan; dan (5) memunculkan teori-teori baru atau modifikasi teori yang telah ada.

Simpulan ditulis singkat, padat dan tidak berisi ulasan atau pembahasan. Pada simpulan dapat juga dituliskan penelitian lanjutan atau saran, baik saran untuk penelitian lanjutan ataupun saran (implikasi) dari temuan/hasil penelitian.

Ucapan Terimakasih (jika ada) berisi ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam melaksanakan penelitian atau membiayai penelitian

Daftar Pustaka ditulis mengikuti APA style edisi 7

B. Komponen naskah artikel: review article dan penjelasannya

Judul artikel, Penulis, Afiliasi penulis, Surel, dan Kata kunci/Keywords ditulis sama dengan ketentuan research article

Abstract merupakan ringkasan dari pertanyaan review yang dilakukan atau alasan dilakukannya review, studi utama yang direview, dan kesimpulan.

Pendahuluan berisi informasi pengenalan topik dan alasan mengapa topik tersebut penting untuk diulas/review. Pada bagian ini apa yang akan dibahas didefinisikan dengan jelas, urutan setiap subtopik diuraikan untuk memberi pembaca informasi latar belakang yang diperlukan untuk memahami bagian selanjutnya.

Isi berisi tentang pembahasan yang jelas dan dalam tentang topik dan subtopik yang dibahas dalam artikel.

Simpulan berisi simpulan singkat yang menyatakan kembali alasan dan tujuan review dilakukan, isi, dan implikasi dari review yang dibuat 

Daftar pustaka sama dengan research article

C. Penulisan naskah artikel dan penjelasannya

Pengetikan naskah artikel dibuat (diketik) pada Ms. Word (serendah-rendahnya office 2007), dengan ukurankertas A4, 1 (satu) kolom, batas atas, bawah, kiri dan kanan masing-masing 2,5 cm. Batang tubuh teks menggunakan font: Times New Roman, 12 pt (kecuali gambar dan tabel dapat menyesuaikan), spasi 1,5, dan alignment: sejajar kiri (left). Baris pertama pada setiap paragraf ditulis menjorok ke dalam (0,75 cm). Judul dan sub-judul dari komponen naskah artikel seperti Judul artikel, Penulis, Abstrak, Abstract, Kata kunci dan Keywords (termasuk kata-kata kuncinya), Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terimakasih (jika ada), dan Daftar Pustaka dicetak tebal (bold), sementara anak sub-judul dicetak tebal (bold) dan miring (italic)Naskah diberi nomor baris (line numbers) secara berurutan, bersambung setiap halamannya, dan diletakkan di sebelah kiri tulisan.

Gambar dan tabel harus disematkan/dimasukkan (tidak disediakan secara terpisah dari) dalam batang tubuh teks pada tempat yang sesuai. Tabel diketik dalam naskah artikel dan bukan berupa gambar. Semua gambar dan tabel harus diberi nomor dengan angka Arab (1, 2, ..., dst.). Judul (caption) gambar dan tabel dicetak tebal dan diletakkan di bagian bawah untuk gambar dan di bagian atas untuk tabel. Disarankan menuliskan teks dalam gambar dan tabel secara horizontal, kecuali terpaksa atau sesuai dengan keumuman yang ada seperti penulisan keterangan sumbu Y pada sebuah grafik. Hanya garis horizontal pada judul kolom tabel dan akhir tabel yang dimunculkan (ditampilkan), garis kolom dan lainnya tidak dimunculkan. Lebar gambar dan tabel sebaiknya 7,8 cm, namun jika tidak memungkinkan dapat mengunakan ukuran maksimum 17 cm. Hindari gambar menggunakan warna, disarankan hanya menggunakan warna hitam, putih dan abu-abu. Gambar berwarna akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 25.000.00 per halaman. 

Singkatan dan akronim yang sudah umum seperti seperti IEEE, SI, MKS, CGS, sc, dc, dan rms tidak perlu diberi keterangan kepanjangannya. Akan tetapi, akronim yang tidak terlalu dikenal atau akronim buatan penulis perlu diberi keterangan kepanjangannya. Sebagai contoh: Model pembelajaran MiKiR (Multimedia interaktif, Kolaboratif, dan Reflektif) dapat digunakan untuk melatihkan penguasaan keterampilan pemecahan masalah. Jangan gunakan singkatan atau akronim pada judul artikel, kecuali tidak bisa dihindari. 

Satuan di dalam artikel ditulis dengan memperhatikan aturan sebagai-berikut:

  1. Gunakan SI (MKS) atau CGS sebagai satuan utama, dengan satuan sistem SI lebih diharapkan.
  2. Hindari penggabungan satuan SI dan CGS, karena dapat menimbulkan kerancuan, karena dimensi persamaan bisa menjadi tidak setara.
  3. Jangan mencampur singkatan satuan dengan satuan lengkap. Misalnya, gunakan satuan “Wb/m2” atau “webers per meter persegi”, jangan “webers/m2”. 

Persamaan dituliskan dalam font Times New Roman atau font Cambria Math dengan pengaturan normal text jika menggunakan fungsi equation. Jika terdapat beberapa persamaan, beri nomor persamaan. Nomor persamaan harus berurutan, diletakkan pada bagian paling kanan, yakni (1), (2), dan seterusnya. 

Sumber kutipan dan daftar pustaka ditulis menggunakan APA style edisi 7.

Penulisan sumber kutipan secara umum:

  1. Disarankan untuk menghindari menulis kutipan langsung, tetapi dengan memparafrase kutipan.
  2. Format dasar: "nama akhir penulis / organisasi (tahun)" untuk sumber kutipan ditulis dalam kalimat dan "(nama akhir penulis / organisasi, tahun)" untuk sumber kutipan ditulis di luar kalimat. Contoh: "Menurut Nurhadi (2020), bla bla ..." atau "Nurhadi (2020) menyatakan bahwa ..." dan "... bla bla bla (Erika, 2020)". Jika mengutip dari organisasi atau institusi mengikuti aturan:
    1. Kutipan pertama: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2018) atau (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018),
      Kutipan selanjutnya: Kemdikbud (2018) atau (Kemdikbud, 2018).
  1. Sumber kutipan dari:
      1 (satu) penulis: "Nurhadi, 2021" atau "Nurhadi (2021)",
      2 (dua) penulis: "Nurhadi & Kusumawardani, 2021" atau "Nurhadi & Kusumawardani (2021)",
      3 (tiga) penulis atau lebih: "Kusumaningtyas, et al. (2021)" atau "(Kusumaningtyas, et al., 2021)."

Penulisan daftar pustaka secara umum:    

  1. Daftar pustaka ditulis dan disusun berdasarkan abjad, ditulis dengan indentation left 0,0 cm untuk baris pertama dan  0,5 cm untuk baris selanjutnya pada setiap pustaka.
  2. Artikel dari jurnal: Nurhadi, M., Kusumawardani, R., Wirawan, T., Sumari, S. Lai, S. Y., & Nur, H. (2021). Catalytic performance of TiO2–Carbon mesoporous-derived from fish bones in styrene oxidation with aqueous hydrogen peroxide as an oxidant. Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis,16(1), 88-96. https://doi.org/10.9767/bcrec.16.1.9729.88-96
  3. Artikel dari prosiding yang dipublikasikan dijurnal: Kusumawardani, R. Suhaiya, & Muflihah. (2020). Difference in learning outcomes between high school student taught using learning cycle 5E and learning cycle 7E on colloid subject. Proceedings of the 2nd Educational Sciences International Conference (ESIC 2019), 432, 27-128. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200417.028
  4. Artikel berita: Sirajuddin, M. (2020, May 12). Mengejawantahkan kebajikan fundamental. ProKaltim. https://kaltim.prokal.co/read/news/371430-mengejawantahkan-kebajikan-fundamental.html
  5. Buku: Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta
  6. Buku dengan editor berbeda: Parchmann, I., Broman, K., Busker, M., & Rudnik, J. (2015). Context‐based teaching and learning on school and university level. In García‐Martínez, J. & Serrano‐Torregrosa, E. Chemistry Education: Best Practices, Opportunities and Trends (pp. 259-278). Wiley-VCH.
  7. Disertasi/tesis yang dipublikasikan: Samaran, N. (2021). Judul disertasi/tesis: Dipublikasikan (Publication No. 24082021) [Doctoral dissertation, Mutawarman University]. ProMuta Press.
  8. Disertasi/tesis yang tidak dipublikasikan: Sukemi. (2015). Study on the potential of natural products as antioxidant and natural dye for cotton fibers [Unpublished Master's Thesis]. King Mongkut's University of Technology Thonburi
  9. Skripsi: mengikuti aturan disertasi/tesis
  10. Situs web: Mireles, B. (2019, June 16). Delocalization of Electrons II. https://chem.libretexts.org/Sandboxes/admin/Delocalization_of_Electrons_II

The submission template for research article can be downloaded here | Templat submission untuk artikel hasil penelitian dapat diunduh disini

The submission template for non-research article can be downloaded here | Templat submission untuk artikel hasil review dapat diunduh disini

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.