Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF <p style="text-align: justify;"><strong>Journal of Physics Education Literacy</strong> or <strong>JLPF</strong> is one form of realization of Higher Education Tridharma conducted by the Physics Education Study Program of FKIP Mulawarman University as an effort to realize the Center of Excellent in Tropical Studies as a hallmark of Mulawarman University and as a producer of professional educators in the field of physics education and Entrepreneurship according to FKIP vision.</p> <p style="text-align: justify;">This journal is a means of publication and a place to share research and development work in the field of technology. The articles in this journal are addressed to the editor's office. Detailed information for article loading and article writing instructions are available in each issue. The incoming article will go through the bestari partner selection process and / or editor.</p> <p style="text-align: justify;">LPF Journal is published twice a year, namely in <strong>January</strong> and <strong>July</strong>. LPF Journal Registered in PDII LIPI with number of <strong>Print&nbsp; ISSN <a title="ISSN-cetak" href="http://u.lipi.go.id/1566456463" target="_blank" rel="noopener">2714-5689</a></strong> and <strong>Online ISSN <a title="ISSN-online" href="http://u.lipi.go.id/1566455944" target="_blank" rel="noopener">2721-0529</a></strong>. For practitioners, academics and students in the field of Physical Education who want research articles and ideas published in this journal through <a title="Register JLPF" href="http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpfp/user/register" target="_blank" rel="noopener">online registration</a></p> <p style="text-align: justify;"><strong>For Authors:</strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong><a href="https://drive.google.com/file/d/1I8-8FB69LONg6f88fjPsMhV3Qxs6nKqp/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">GUIDE TO WRITING ARTICLES</a></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>For Reviewers :</strong></p> <p style="text-align: justify;"><a href="https://drive.google.com/file/d/1J_PWSx8i3RKIjnu9PRLYaCmg-aZAklLV/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener"><strong>OJS GUIDE </strong></a></p> <p><strong>Tutorials :</strong><br><strong>How to register JLPF (On process)</strong><br><strong>How to Upload JLPF Manuscripts (On process)</strong><br><strong>How to Upload JLPF Revised Manuscripts (On process)</strong></p> en-US jlpf@fkip.unmul.ac.id (Dr. H. Riskan Qadar, M. Si) jlpf@fkip.unmul.ac.id (Hj. Puardmi Damayanti, M. Pd) Fri, 17 Jan 2020 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/85 <p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar Konsep Dasar IPA SD untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan modifikasi model pengembangan ADDIE dan model pengembangan Tessmer. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Kegiatan pada tahap analisis kebutuhan meliputi analisis materi, analisis buku-buku teks Konsep Dasar IPA SD dan karakteristik mahasiswa PGSD. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan didesain buku ajar dengan materi konsep dasar IPA sesuai dengan karakteristik mahasiswa PGSD. Desain buku ajar menjadi prototype buku ajar konsep IPA. Berdasarkan prototype buku ajar yang dihasilkan dikembangkan buku ajar konsep IPA SD. Hasil pengembangan buku ajar dinilai oleh ahli dan diujicobakan. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa N-gain pemahaman konsep mahasiswa adalah 0,72 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar Konsep IPA SD dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika Siswa.</em></p> Lukman Hakim, Lefudin Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/85 Wed, 12 Feb 2020 03:08:18 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 11 Samarinda http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/74 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>purposive sampling</em>. Sampel yang terpilih adalah kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 35 siswa. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksprimen dengan disain <em>one group pretest-posttest</em>. Tes tertulis berupa 10 buah soal essay digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata <em>pre-test </em>sebesar 30,11 yang termasuk kategori tidak kritis dan rata-rata <em>post-test</em> sebesar 76,62 yang termasuk kategori kritis. Rata-rata N-Gain pada indikator berpikir kritis adalah 0,67 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji-t berpasangan ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil <em>pre-test </em>dengan <em>post-test</em>. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Samarinda.</p> Mayssy Safitri; Zeni Haryanto, Shelly Efwinda Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/74 Wed, 12 Feb 2020 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran OIDDE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMAN 2 Berau Pada Materi Suhu dan Kalor http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/73 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran OIDDE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 2 Berau pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan <em>one-group pre-test</em> <em>post-test design</em>. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Berau. Teknik pengambilan sampel adalah <em>purposive sampling</em>. Sampel penelitian ini siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan instrumen tes tertulis berupa essai sebanyak 10 soal digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata <em>pre-test</em> siswa adalah 12,31 dan hasil rata-rata <em>posttest</em>&nbsp; adalah 61,31 serta hasil rata-rata <em>N-Gain</em> sebesar 0,56 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji-t berpasangan ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil <em>pre-test </em>dengan <em>post-test</em>. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran OIDDE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 2 Berau pada materi suhu dan kalor.</p> Ary Lasmana; Riskan Qadar, Muliati Syam Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/73 Wed, 12 Feb 2020 03:24:31 +0000 Pengaruh Kreativitas Menggunakan Mind Mapping Berbantu Software Mindomo 3.16 terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA pada Materi Momentum dan Impuls http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/71 <p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar menggunakan metode Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Samarinda kelas X IPA 2 dengan jumlah sampel 27 siswa. Penilaian kreativitas siswa didasarkan pada produk Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16&nbsp; yang dibuat oleh siswa. Indikator penilaian kreativitas meliputi; menyusun sesuatu yang baru (originality), menurunkan banyak ide (fluency) dan mengubah perspektif (flexibility), link, desain, dan kata kunci. Akumulasi penskoran kreativitas diperoleh persentase tertinggi adalah skor indikator originality sebesar 20% dan persentase terendah adalah skor indikator desain sebesar 12%. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh dari tes yang siswa kerjakan. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 16%, dapat dikategorikan sebagai korelasi yang rendah sekali. &nbsp;Korelasi ini memenuhi hubungan linier Y = 62,874 + 0,253x.</em></p> Azizah Ainun Nuha; Lambang Subagiyo, Zulkarnaen Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/71 Wed, 12 Feb 2020 03:33:27 +0000 Perbedaan Hasil Belajar antara Pembelajaran Problem Based Learning dengan Eksperimen dan Tanpa Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA 2 Sendawar http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/76 <p style="text-align: justify;"><em>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan problem based learning dengan eksperimen dan tanpa eksperimen pada siswa kelas XI IPA, materi fluida statis dan dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sendawar tahun pembelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenient sampling, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 2 (sebagai kelas eksperimen) dan siswa XI IPA 3 (sebagai kelas kontrol) dimana masing masing kelas terdapat 35 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diterapkan model pada masing-masing kelas diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 75 dan pada kelas kontrol sebesar 61. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran problem based learning pada kelas yang menggunakan eksperimen dan yang tanpa eksperimen.</em></p> Nurti Yanti; M. Khairul Ali Hanif, Abdul Hakim Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/76 Wed, 12 Feb 2020 03:40:03 +0000 Keefektifan Model Pembelajaran Novick Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK Negeri 17 Samarinda Materi Elastisitas dan Hukum Hooke http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/77 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa SMK serta keefektifan model pembelajaran <em>Novick </em>terhadap pemahaman konsep fisika. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMKN 17 Samarinda. Teknik pengambilan sampel adalah <em>purposive sampling</em>. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 dan X-2 Farmasi yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain <em>static-group pre-test</em> <em>post-test design</em>. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes berupa soal uraian. Hasil rata-rata pemahaman konsep fisika siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan <em>N-Gain</em> sebesar 0,68 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Peningkatan tertinggi terdapat pada indikator mencontohkan dengan memperoleh hasil <em>N-Gain </em>sebesar 0,88 kategori tinggi. Sedangkan peningkatan terendah terdapat pada indikator membandingkan dengan memperoleh hasil <em>N-Gain </em>sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Penerapan model pembelajaran <em>Novick </em>untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa memiliki tingkat efektifitas yang tinggi dengan <em>effect size</em> sebesar 1,36.</p> Nira Arisa; Johansyah, M. Khairul Ali Hanif Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/77 Wed, 12 Feb 2020 03:46:43 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/80 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>purposive sampling</em>. Sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah 36 siswa. Penelitian mengaplikasikan pendekatan penelitian kuantitatif metode quasi eksprimen dengan disain <em>one group pretest-posttest</em>. Tes tertulis berupa 10 buah soal <em>essay</em> digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata <em>pretest </em>sebesar 36,11 yang termasuk kategori tidak kritis dan rata-rata <em>posttest</em> sebesar 78,61 yang termasuk kategori kritis. Rata-rata N-Gain pada indikator berpikir kritis adalah 0,66 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji-t berpasangan ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil <em>pretest </em>dengan <em>posttest</em>. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda.</p> Lady Agustin; Zeni Haryanto, Shelly Efwinda Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/80 Wed, 12 Feb 2020 03:53:18 +0000 Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/84 <p style="text-align: justify;">Model pembelajaran inkuiri berbantuan media simulasi <em>PhET</em> adalah suatu tahapan pembelajaran mengikuti langkah-langkah model pembelajaran inkuiri dengan dibantu aplikasi simulasi <em>PhET</em> sebagai laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata dan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan media simulasi <em>PhET</em> pada materi fluida statik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Anggana dengan jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik pada kelas XI IPA 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 75. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik mendapatkan nilai dengan kategori baik. Hasil <em>N-Gain</em> diperoleh rata-rata sebesar 69,7 dengan perolehan 47 % untuk kriteria <em>N-Gain</em> sedang dan perolehan 53 % untuk kriteria <em>N-Gain</em> sedang. Hal ini menunjukan bahwa terdapat&nbsp; peningkatan pada hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPA 1 materi fluida statik dengan kategori <em>N-Gain</em> sedang.</p> Rada Fatikasari; Benyamin Matius, M. Junus Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/84 Wed, 12 Feb 2020 04:00:35 +0000 Hubungan Antara Kinerja Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas Di SMA Negeri 13 Samarinda http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/130 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan <em>one group pretest-posttest design</em>. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik <em>purposive sampling </em>dengan sampel sebanyak 32 orang siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 13 Samarinda. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan instrumen tes berupa soal <em>essay</em> dan non-tes berupa lembar kerja siswa. Data kinerja diperoleh nilai rata-rata yang terus meningkat dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Hasil belajar siswa juga diperoleh nilai rata-rata yang terus meningkat pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Berdasarkan analisis korelasi atau analisis hubungan antara kinerja dengan hasil belajar diperoleh nilai<em> r</em> hitung pada setiap pertemuan masing-masing sebesar 0,469, 0,672, 0,558 dan 0,573. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kinerja dengan hasil belajar berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas.</p> Nisa Wati; Riskan Qadar, Benyamin Matius Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/130 Wed, 12 Feb 2020 04:18:04 +0000 Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Samarinda http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/131 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini&nbsp; berfokus pada penerapan model <em>discovery learning </em>yang melibatkan siswa secara langsung dan komprehensif dalam menemukan dan memecahkan masalah sehingga menghasilkan pengetahuan yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model <em>discovery learning</em> berbantuan media simulasi <em>PhET</em> terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>quasi experiment</em> dengan <em>posttest-only control design</em>. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara <em>purposive sampling</em>, melibatkan 68 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Samarinda yang terbagi dalam dua kelompok (ekperimen dan kontrol). Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal <em>essay</em> dan diperoleh hasil rata-rata <em>Posttest </em>kelas eksperimen sebesar 72,25 sedangkan hasil rata-rata <em>Posttest</em> kelas kontrol sebesar 60,71. Hasil uji <em>independent sample t-test </em>yaitu 0.000, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa akibat model pembelajaran yang diberikan.</p> Blandina Isabella Ririn; Zulkarnaen, M. Junus Copyright (c) 2020 Jurnal Literasi Pendidikan Fisika http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/131 Wed, 12 Feb 2020 00:00:00 +0000