https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/issue/feed Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) 2024-02-16T01:05:11+00:00 Atin Nuryadin jlpf@fkip.unmul.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong><span data-preserver-spaces="true">Jurnal Literasi Pendidikan Fisika</span> (<span data-preserver-spaces="true">JLPF)</span></strong><span data-preserver-spaces="true"> [<strong>Print ISSN&nbsp;</strong><a class="editor-rtfLink" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1566456463" target="_blank" rel="noopener"><strong>2714-5689</strong></a> | <strong>Online ISSN&nbsp;</strong><a class="editor-rtfLink" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1566455944" target="_blank" rel="noopener"><strong>2721-0529</strong></a>] is a peer-reviewed and open-access scientific journal of educational research. This journal </span><span data-preserver-spaces="true">publishes any scientific articles resulting from studies or literature reviews in science education, especially physics education, which contribute to the understanding, theoretical development, theoretical concept, and implementation of theories of education at any level. </span><span data-preserver-spaces="true">JLPF is published twice a year, in </span><strong><span data-preserver-spaces="true">April</span></strong><span data-preserver-spaces="true">&nbsp;and&nbsp;</span><strong><span data-preserver-spaces="true">November</span></strong><span data-preserver-spaces="true">. </span><span data-preserver-spaces="true">For any information about this journal, please contact <a href="mailto:jlpf@fkip.unmul.ac.id" target="_blank" rel="noopener">jlpf@fkip.unmul.ac.id</a>.</span></p> https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/2332 Identifikasi Campuran Bahan Dapur Sebagai Suplemen Bahan Ajar Materi Perubahan Wujud IPA SMP 2024-02-16T00:50:54+00:00 Regina Bilqis Wardani rgnbilqiswrdni@gmail.com Muhammad Ikhsan Bahrul Alam ikhsanbachrul09@gmail.com Nurul Fitriyah Sulaeman nurul.fitriyah@fkip.unmul.ac.id Lambang Subagiyo lambang.subagiyo@fkip.unmul.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi campuran bahan dapur yang dapat digunakan sebagai suplemen bahan ajar untuk materi perubahan wujud IPA SMP. Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan untuk mengembangkan metode yang menarik dan interaktif dalam mengajar konsep perubahan wujud kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dimana berbagai campuran bahan dapur diuji untuk mengamati perubahan wujud yang terjadi. Beberapa campuran yang diuji meliputi campuran air, garam, gula, soda kue, krim tartar, dan lainnya. Dari 9 eksperimen yang telah dilakukan, terdapat 5 eksperimen yang mengalami lebih dari satu proses perubahan wujud, sedangkan 4 eksperimen lainnya hanya mengalami satu proses perubahan wujud. Dalam konteks bahan ajar, penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan campuran bahan dapur sebagai suplemen dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa. Bahan-bahan dapur yang mudah didapatkan juga membuat pengajaran lebih mudah dilakukan oleh guru dan siswa.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Regina Bilqis Wardani, Muhammad Ikhsan Bahrul Alam, Nurul Fitriyah Sulaeman, Lambang Subagiyo (Author) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/2505 Analisis Buku Teks Pelajaran Fisika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik 2024-02-16T00:52:26+00:00 Febrina Aprodita aproditafebrina@gmail.com Zeni Haryanto Abdul Hakim <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan saintifik yang ada pada buku teks fisika SMA/MA kelas X kurikulum 2013. Pendekatan saintifik memuat aspek 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dokumen (<em>content analysis</em>). Total frekuensi kemunculan aspek-aspek pendekatan saintifik pada buku yang dianalisis yaitu aspek mengamati dan menanya sebanyak 38 dan 20 kemunculan, aspek mencoba dan menalar sebanyak 28 dan 22 kemunculan, serta aspek mengkomunikasikan sebanyak 17 kemunculan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks pelajaran fisika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 telah menyajikan kelima aspek pendekatan saintifik, namun penyebaran di setiap babnya tidak merata. Aspek yang sering muncul adalah aspek mengamati dan aspek yang jarang muncul adalah aspek mengkomunikasikan. Oleh karena itu masih perlu dikembangkan buku teks yang memuat pendekatan saintifik secara merata di setiap babnya.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Febrina Aprodita, Zeni Haryanto, Abdul Hakim (Author) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/2433 Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Samarinda 2024-02-16T00:56:46+00:00 Annisa Nurul Hidayah annisanh19@gmail.com Muhammad Junus Shelly Efwinda <p>Proses pembelajaran yang kurang melibatkan partisipasi peserta didik berdampak pada keterampilan proses sains yang tidak terasah, peserta didik yang tidak ikut terlibat dalam penemuan fakta suatu ilmu akan berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang melibatkan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan lembar observasi keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil N-Gain, peningkatan hasil belajar untuk kelas kontrol sebesar 0,35 dan kelas eksperimen sebesar 0,47. Berdasarkan perhitungan effect size untuk hasil belajar diperoleh hasil sebesar 0,65 dengan kategori efektifitas sedang. Berdasarkan hasil uji-t independen terhadap hasil belajar, diperoleh nilai Asymp.Sig. sebesar 0,008 . Penilaian indikator keterampilan proses sains menunjukkan bahwa 5 dari 8 indikator mencapai kategori baik dengan persentase lebih dari 75%.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Annisa Nurul Hidayah (Author) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/2325 Potensi Sekam Padi sebagai Adsorben untuk Meregenerasi Minyak Jelantah 2024-02-16T00:55:16+00:00 Divani Rahma Fitri divanirahma010@gmail.com Dian Rachel Pasaribu Lambang Subagiyo Atin Nuryadin Zeni Haryanto <p>Minyak goreng merupakan salah satu bahan pangan yang dimanfaatkan untuk mematangkan bahan pangan. Mengkonsumsi minyak jelantah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, misalnya kerusakan pada organ-organ bagian dalam tubuh. Dalam penelitian ini, telah diteliti proses permurnian minyak jelantah dengan mengukur kadar asam lemak (FFA) dan massa jenis minyak jelantah yang telah dijernihkan. Analisa Asam Lemak Bebas (FFA) dilakukan dengan metode <em>Oil Pipette Titration</em> (OPT), yaitu metode titrasi sederhana menggunakan pipet. Selain itu, dilakukan pengukuran massa jenis menggunakan piknometer sederhana. Penelitian ini menunjukkan jumlah FFA yang lebih tinggi dari maksimum 0,3% yang direkomendasikan dalam SNI 7709-2019. Dengan perlakuan terhadap minyak jelantah dengan berbagai massa sekam padi dan waktu perendaman, kandungan FFA ditemukan menurun secara signifikan. Berdasarkan 200 mL sampel minyak jelantah yang dianalisis, massa sekam padi yang efektif dalam menurunkan FFA selama 72 jam adalah 20 gr, dengan penurunan persentase kadar FFA sebesar 0,23%. Temuan dari penelitian ini mendukung potensi penggunaan adsorben sekam padi untuk mengurangi asam lemak bebas dalam minyak jelantah.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Divani Rahma Fitri Divani, Dian Rachel Pasaribu, Lambang Subagiyo, Atin Nuryadin, Zeni Haryanto (Author) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/1646 Analisis Ketersediaan Fasilitas dan Alat Praktikum Laboratorium Fisika Untuk SMA di Kota Samarinda 2024-02-16T00:48:58+00:00 Indah Permata Sari indahsari96181@gmail.com Erna Sulistiani ernasulistiani001@gmail.com Aldi Prayoga Syaifullah ezilsaif@gmail.com Rama Amelia Putri ramaameliaputri@gmail.com Delma Baruku delmabaruku@gmail.com Andi Anwar anwarandi511@gmail.com Nurul Fitriyah Sulaeman nurul.fitriyah@fkip.unmul.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan fasilitas alat praktikum laboratorium fisika sebagai penunjang pendidikan pada dua sekolah menengah atas di kota Samarinda. Objek penelitian berupa kelengkapan fasilitas alat praktikum di laboratorium sekolah tersebut. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis. Data-data penelitian dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Data disajikan dalam bentuk teks naratif beserta denah laboratorium. Berdasarkan hasil evaluasi laboratorium fisika pada sekolah menengah atas di kota Samarinda, pengelolaan laboratorium fisika belum berfungsi secara maksimal karena beberapa aspek yang belum terpenuhi, seperti kurangnya sarana dan prasarana sumber daya dasar pada alat praktikum maupun tenaga ahli dalam pengelolaan laboratorium.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Indah Permata Sari, Erna Sulistiani , Aldi Prayoga Syaifullah , Rama Amelia Putri , Delma Baruku, Andi Anwar , Nurul Fitriyah Sulaeman (Author) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/2775 Studi Radon (Rn-222) dalam Lingkungan: Pembentukan, Paparan, dan Dampaknya Bagi Manusia 2024-02-16T01:01:17+00:00 Afifah fifah425@gmail.com Murniati <p>Radon adalah salah satu jenis unsur radioaktif yang terdapat di alam dan menjadi penyumbang terbesar sumber radiasi alam dibandingkan radiasi alami yang lainnya. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah potensi risiko kesehatan yang timbul dari paparan radon, terutama dalam ruang tertutup. Tujuan penelitian adalah untuk memahami pembentukan gas radon, paparannya terhadap manusia, serta mengevaluasi dampak kesehatan yang mungkin timbul dari inhalasi radon secara terus menerus. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (<em>library research</em>) yang langkah-langkahnya menggunakan langkah-langkah penelitian kepustakaan menurut Kuhlthau yang terdiri dari enam tahap. Hasil penelitian menunjukkan radon terbentuk sebagai produk peluruhan alami dari uranium (U-238) dengan waktu paro uranium adalah 4,5 miliar tahun, melalui serangkaian peluruhan alfa dan beta yang berurutan. Radon ini kemudian dapat dilepaskan dari tanah dan batuan ke dalam atmosfer, serta dapat merembes ke dalam bangunan dan menjadi sumber paparan radiasi bagi manusia jika terakumulasi dalam jumlah yang signifikan. Paparan radon yang terjadi akibat inhalasi radon secara terus menerus akan mengakibatkan potensi kanker paru-paru bagi manusia yang terpapar.</p> 2024-02-16T01:01:17+00:00 Copyright (c) 2024 Afifah, Murniati (Author) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/2378 Analisis Pro-Environmental Behavior Berbasis Gender pada Siswa SMP di Samarinda 2024-02-16T01:04:11+00:00 Putri Sri Rahmawati putrisrirahmawati01@gmail.com Atin Nuryadin atin.nuryadin@fkip.unmul.ac.id Muliati Syam muliati.syam@fkip.unmul.ac.id <p><em>Pro-environmental behavior </em>(PEB) merupakan sikap mengehindari kerusakan lingkungan alam dan memperbaiki kerusakan demi lingkungan sehat. Penelitian ini fokus pada PEB siswa SMP di kota Samarinda dengan menggali aspek gender, persepsi, dan dampaknya terhadap sikap pro lingkungan. Penelitian ini melibatkan 290 siswa kelas IX dan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik komparatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor PEB perempuan (3,67) lebih tinggi daripada laki-laki (3,58). Kecenderungan persepsi siswa SMP terhadap lingkungan mencerminkan aspek apresiasi. Analisis statistik memverifikasi adanya pengaruh signifikan dari gender terhadap PEB siswa. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang dinamika pro-lingkungan di kalangan remaja, dengan implikasi potensial untuk pengembangan pendidikan lingkungan yang berfokus pada perbedaan gender. Oleh karena itu, pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi PEB dapat membuka jalan bagi upaya pemasyarakatan perilaku pro-lingkungan yang lebih efektif di kalangan siswa SMP.</p> 2024-02-16T01:04:11+00:00 Copyright (c) 2024 Putri Sri Rahmawati, Atin Nuryadin, Muliati Syam (Author) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/2648 Does the Merdeka Curriculum Potentially Integrate with the Cambridge Curriculum? Perspective Through Physics Subject 2024-02-16T01:05:11+00:00 Syayidah Dinurrohmah dinurrohmahsyayidah@gmail.com Eri Nur Pratomo erinurpratomo@gmail.com <p>Reformasi kurikulum di Indonesia mempertimbangkan setiap kegiatan mata pelajaran dalam kaitannya dengan masyarakat dan ekonomi. Transformasi ini secara eksplisit terkait dengan kurikulum Cambridge sebagai kurikulum yang paling banyak digunakan di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemungkinan mengintegrasikan kurikulum Merdeka dengan kurikulum Cambridge sesuai dengan mata pelajaran fisika di tingkat SMA. Penelitian kualitatif dan metode analisis isi secara purposif digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang kemungkinan mengintegrasikan kedua kurikulum. Berdasarkan kerangka kurikulum, keduanya saling berkaitan satu sama lain, kecuali poin " Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia " dalam kurikulum Merdeka yang tidak berkaitan dengan kerangka kurikulum Cambridge. Analisis lebih lanjut dilakukan dalam buku pelajaran fisika untuk sekolah menengah atas dan A level, mendapatkan hasil bahwa secara keseluruhan kedua kurikulum memiliki materi yang sama untuk diajarkan dan alur aktivitas siswa pada buku tersebut. Namun, tampilan buku ajar berdasarkan kurikulum Merdeka tidak semenarik di buku ajar Cambridge, karena pada buku ajar Cambridge memberikan lebih banyak contoh melalui gambar berwarna atau praktikum sederhana. Kurikulum Merdeka dan kurikulum Cambridge memiliki potensi untuk diintegrasikan. Mengingat pengintegrasian kurikulum membutuhkan banyak alokasi waktu, keuangan, dan sumber daya manusia, maka diperlukan analisis yang lebih dalam terhadap aspek-aspek lain dari kurikulum, termasuk perspektif siswa atau guru terhadap kurikulum integrasi.</p> 2024-02-16T01:05:11+00:00 Copyright (c) 2024 Syayidah Dinurrohmah, Eri Nur Pratomo (Author)