Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis

Main Article Content

Rada Fatikasari
Benyamin Matius
M. Junus

Abstract

Model pembelajaran inkuiri berbantuan media simulasi PhET adalah suatu tahapan pembelajaran mengikuti langkah-langkah model pembelajaran inkuiri dengan dibantu aplikasi simulasi PhET sebagai laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata dan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan media simulasi PhET pada materi fluida statik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Anggana dengan jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik pada kelas XI IPA 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 75. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik mendapatkan nilai dengan kategori baik. Hasil N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 69,7 dengan perolehan 47 % untuk kriteria N-Gain sedang dan perolehan 53 % untuk kriteria N-Gain sedang. Hal ini menunjukan bahwa terdapat  peningkatan pada hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPA 1 materi fluida statik dengan kategori N-Gain sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fatikasari, R., Matius, B., & M. Junus. (2020). Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(01), 65-72. Retrieved from http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/84
Section
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika