Keefektifan Model Pembelajaran Novick Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK Negeri 17 Samarinda Materi Elastisitas dan Hukum Hooke

Main Article Content

Nira Arisa
Johansyah
M. Khairul Ali Hanif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa SMK serta keefektifan model pembelajaran Novick terhadap pemahaman konsep fisika. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMKN 17 Samarinda. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 dan X-2 Farmasi yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain static-group pre-test post-test design. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes berupa soal uraian. Hasil rata-rata pemahaman konsep fisika siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Peningkatan tertinggi terdapat pada indikator mencontohkan dengan memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,88 kategori tinggi. Sedangkan peningkatan terendah terdapat pada indikator membandingkan dengan memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Penerapan model pembelajaran Novick untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa memiliki tingkat efektifitas yang tinggi dengan effect size sebesar 1,36.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arisa, N., Johansyah, & Ali Hanif, M. K. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Novick Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK Negeri 17 Samarinda Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(01), 45-55. Retrieved from http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/77
Section
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika